eprintid: 3070 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/30/70 datestamp: 2013-09-23 04:50:01 lastmod: 2016-12-13 02:33:01 status_changed: 2012-05-04 16:43:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UJI PANGESTI - NIM. 03450484, title: PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Kasus Penelitian Siswa Kelas VIII MTsN Babadan Baru Sleman) ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: metode, tugas, kelompok, minat dan penerapan note: Ir. Ciptono, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode tugas kelompok terhadap minat dan prestasi belajar kelas VIII semester I MTsN Babadan Baru Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasy eksperimental). Metode pemberian tugas digunakan untuk tujuan agar siswa memiliki hasil belajar yang lebih baik, karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas sehingga pengalaman sisiwa dalam mempelajari sesuatu lebih terintegrasi. Populasi penelitian senua siswa kelas VIII B (sebagai kelas eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest dan postest, lembar angket minat siswa dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis untuk data minat dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan metode tugas kelompok debagai metode dalam pembelajaran Biologi menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis minat siswa secara umum menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 6,16 untuk kelas eksperimen dan 6,18 untuk kelas kontrol. Bila dilihat dari nilai postest terlihat bahwa rata-rata nilai postest kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih besar dari pada kelas kontrol, yaitu 7,36 untuk kelas eksperimen dan 7,00 untuk kelas kontrol. Kenaikan nilai rata-rata pencapaian kelas eksperimen juga lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 1,20 untuk kelas eksperimen dan 0,82 untuk kelas kontrol. Analisis data untuk soal tes (pretest dan postest) menggunakan uji t antar kelompok. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji formalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil uji t antar kelompok tersebut memberikan kesimpulan bahwa metode tugas kelompok dalam pembelajaran Biologi berpengaruh positif terhadap kenaikkan prestasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan regrasi didapatkan bahwa penerapan metode tugas kelompok berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenaikan hasil belajar siswa date: 2009-08-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-08-03 13:59:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ujipangest-2790-1-ujipeng-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/56/digilib-uinsuka--ujipangest-2790-1-ujipeng-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3191 ; nama file lama : UJI PENGESTI 03450484 PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2488815 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: UJI PANGESTI - NIM. 03450484, (2009) PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Kasus Penelitian Siswa Kelas VIII MTsN Babadan Baru Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3070/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3070/2/BAB%20%20II%2C%20III.pdf