<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I)"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nWali merupakan unsur terpenting dalam suatu pernikahan. Akan tetapi, tentang sah atau tidaknya \r\nnikah tanpa adanya wali masih menjadi perdebatan dikalangan 'ulama. Di Indonesia yang mayoritas \r\nmenganut ·mazhab Syafi'I, wali memegang peranan penting dalam suatu pemikahan. Bahkan menurut \r\npendapat Imam asy-Syafi'I, tidak sah nikah tanpa adanya wali dan yang boleh menjadi wali adalah \r\nlaki-laki, perempuan tidak boleh menjadi wali. Sedangkan Iinam AbU ijan Ifah berpendapat bahwasanya \r\nhadis yang menyatakan \"tidak sah nikah tanpa wali\", tidak diartikan dengan tidak sah, akan tetapi \r\ntidak sempuma suatu nikah apabila tanpa wali. Jadi, wali dalam nikah hanya bersifat :anjuran, \r\nbukan kewajiban. Beliau memperbolehkan perempuan yang telah balig dan berakal untuk menjadi wali \r\nataupun menikahkan orang lain.\r\nPada sebagian masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam,\r\npengetahuan tentang wali, khususnya urutan wali nikah masih terbatas. Tidak jarang dari \r\nmereka langsung menunjuk hakim untuk menikahk(,ln anak gadisnya, padahal apabila ditelusuri, masih \r\nada pihak kerabat yang bisa dijadikan wali, baik itu wali dekat (aqrab) maupun wali jauh \r\n(ab 'ad). Karena Hakim hanya bisa menjadi wali nikah apabila benar-benar tidak ada wali yang \r\ndt::kat ataupun yang jauh atau wali tersebut tidak memenuhi syarat untuk menjadi wali. Oleh \r\nkarena itu, sudah seharusnyalah masyarakat mengetahui siapa-siapa saja yang berhak , \r\nmenjadi wali nikah, khususnya dari pihak kerabat.\r\nDalam skripsi 1ni, . penyusun membatasi masalah ·kepada . perbedaan pendapat antara Imam Abu \r\nHanifah dan . Imam asy-Syati'I tentang tertib dan urutan wali nikah beserta metode istinba kedua \r\nImam terscbut. Karena tidak adanya na$ yang jelas baik dari al-Qur'an maupun Hadis tentang urutan \r\n wali nikah, baik Imam AbU Jianifah maupun Imam asy-Syafi'I sama-sama menggunakan metode \r\npendekatan dengan jalan qiyas, yakni mengqiyaskan tertib dan urutan wali nikah dengan urutan \r\n'a·abah. Menurut Imam Abu ijanifah, urutan wali nikah yang utama adalah sesuai 'a abah, yakni \r\nhubungan kekerabatan yang di dalamnya tidak ada garis keturunan perempuan. Baik itu 'a -abah \r\nnasabiyah maupun 'a abah sababiyah. Kemudian apabila dalam urutan tersebut tidak ditemukan, maka \r\nurutan yang berikutnya adalah urutan pada garis perempuan atau dalam istilah warisnya dinamakan \r\nZm-vil w·ham. Karena menurut beliau perempuan yang tclah baligh dan bcrakal balch mclakukan \r\nscmua akad,\r\ntermasuk akad nikah. Berbeda dengan Imam Abu I Ianll lh, Imam asy-Syafi'i r\r\nmenyatakan bahwasanya wali nikah adalah mutlak laki-laki. Perempuan, meskipun sudah balig dan \r\nberakal, tidak botch melakukan akad nikah sendiri. atau menikahkan orang lain. Urutan wali nikah \r\nmenurut Imam asy-Syafi'T adalah sesuai dengan urutan 'a abah, apabila dalam urutan tersebut \r\n'tidak ditemukan, wali selanjutnya adalah Hakim. Perbedaan yang terjadi antara Imam Abu Ji;mifah \r\ndan Imam asy-Syafi'I adalah karena perbedaan mereka dalam memahami na$, baik al-Qur'an maupun \r\nal-Hadis. Di samping itu, penelitian ini juga - menggunakan pendekatan sosio-historis untuk \r\nmengetahui historisitas pembentukan hukum kedua imam dan mengetahui rclcvansinya pada kcadaan ' \r\ntcrtentu. Dalam hal ini, pendapat asy-Syafi'i lebih relevan daripada Imam Abu Hanifah."^^ . "2005-12-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NM : 00360462"^^ . "RIRIN LATIF ASARl"^^ . "NM : 00360462 RIRIN LATIF ASARl"^^ . . . . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Text)"^^ . . . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30717 \n\nTERTIB DAN URUTAN WALI NIKAH (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENDAPAT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFI'I)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Hukum" . .