<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK)"^^ . "Perkawinan merupakan suatu variahel yang diatur syari 'at lsJam herkenaan dengan interaksi manusia \r\n(mu'imalah) Sebuah perkawinan sangat diperlukan kesiapan , kematangan jiwa dan tanggung jawab \r\nsebagai indikasi kedewasaan seseorang. Dalam era globalisasi dan emansipasi wanita, wanita \r\nIndonesia sudah terbiasa melakukan pekerjaan publik (karier), mengenyam pendidikan di sekolah dan \r\nperguruan tinggi yang mengindikasikan kemampuan wanita untuk memikul tanggung jawab berdasarkan \r\nakal dan kedewasaan. Namun , banyak (masih ada) yang dijodohkan bahkan dipaksa (ijhar) orang tua \r\natau wali , walaupun mereka menolak dengan alasan tidak cocok, masih sekolah dan kuliah ataupun \r\nmempunyai pilihan sendiri, tetapi penolakan mereka tidak berpengaruh signifikan dalam merubah \r\nkeputusan orang tua, karena alasan balas budi wali terhadap besan ataupun ternan, balas budi \r\nterhadap orang tua ataupun rasa takut wanita kepada mereka, sehingga timbul pertanyaan apakah hak \r\nmenentukan pasangan dalam perkawinan sehagai hak wanita atau wali?, padahal persetujuan adalah \r\nsalah satu syarat dalam akad perkawinan dan kunci menggapai keharmonisan keluarga.\r\nMayoritas masyarakat Indonesia adalah pengikut maihab, mereka hanyak yang mempraktekkan ijhar \r\ndengan asumsi bahwa ijbar dibolehkan dan harus dipatuhi oleh anak mereka sehingga hak wanita sering \r\ndikesampingkan dan tidak dihormati. / ,ega! ji.wmal mereka didasarkan pada fiqh tokoh maihab \r\n(mujtahid) terkemuka terutama Imam asy-Syafi'l dan Tmam Malik Tmam asy-Syafi'T berpendapat , \r\nperkawinan harus dilaksanakan dengan persetujuan kedua caJon mempelai dan walinya, akan tetapi \r\nseorang wali mtljbir dapat memaksakan perkawinan kepada anak kecil , orang gila dan wanita virgin \r\n(bjcr), sedangkan wanita yang tidak virgin (janda) tidak holeh dipaksa kawin karena kebebasan \r\nmenentukan pasangan ada pada dirinya. Sifat kejandaan secara umum dapat menggugurkan ibarterhadap \r\nwanita haik janda itu masih kecil maupun dewa..;a, walaupun korhan pelecehan seksual dan zina . \r\nHak ijbar dimiliki oleh bapak atau kakek. Tmam Malik mengklasifikan status wanita dalam masalah \r\nijbar menjadi gadis dan janda. Masing-masing status dibagi menjadi status masih kecil dan dewasa, \r\ngadis kecil dan sudah dewasa serta janda kecil boleh dipaksa kawin tanpa izin dan persetujuan \r\nmereka . Sifat kejandaan yang menggugurkan ijbar adalah hubungan seksual dalam perkawinan sah, \r\nsuhhat, ataupun kepemilikan syubhat, hukan sehah perzinaan ataupun pemerkosaan . Hak ijbarhanya \r\ndimiliki bapak atau orang yang mendapat wasiat dari bapak.\r\nLatar belakang yang menyebahkan persamaan dan perbedaan produk pemikiran mereka tentang masalah \r\nijbir adalah dasar pemikiran (ijtihad) mereka dalam menginterpretasikan na: :· otoritatif baik \r\nal-Qur'an maupun as-Sunnah dikolahorasikan dengan a§ar dan metode istinha yang cenderung bersifat \r\nnormatif deduktif, terutama interpretasi linguistik (ai-Qawa'id ai-LlJgawiyyah) terhadap na8• \r\notoritatif di atas, haik mafhiim muwafaqah maupun pah am sehaliknya (mafhiim mukha7afah), \r\npenggunaan ai-Qiyii': dan perhedaan mendefinisikan status gadis dan janda.\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nDi samping itu, situasi dan kondisi masyarakat yang dihadapi mereka memberikan \r\npartisipasi dan kolaborasi dalam penetapan hukum. Imam asy-SyaJiT mengakui hadis musniid yang \r\ndiriwayatkan beberapa orang saja (hadis aha/) tanpa harus disesuaikan dengan tradisi \r\nsuatu masyarakat dan membantah ijmii' yang hanya dilakukan ularna' Madinah (satu daerah) \r\nserta menolak penggalian hukum dengan metode isfjhsan dan b;fi$hiib. Sedangkan Imam Malik \r\nmengakui tradisi penduduk Madinah ( 'amal ahl ai-Madinah) sebagai hujjah dan ijmii' yang hanya \r\n dilakukan ulama' Madinah serta menggugurkan hukum hadis ahiid yang tidak sesuai dengan \r\ntradisi penduduk Madinah . Oleh karena itu, masalah ijbar dalam kehidupan masyarakat \r\nIndonesia perlu dipertimbangkan kembali ataupun dilakukan kontekstualisasi hukum Islam \r\nkarena syari'at Islam diturunkan untuk mewujudkan kesejahteraan manusia (ma;;lah.ah) dari segala \r\naspek kehidupan yang didasarkan tujuan ditetapkan hukum, yakni pemeliharaan agama (hifZ. \r\nad-dm), jiwa (hifZ. an-nalS), akal (hifZ. al- 'aql), keturunan dan kehonnatan (hifZ. an-nasi wa \r\nal-gard) dan harta kekayaan (hi/Z. al-ma])."^^ . "2004-08-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 99363710"^^ . "ACH FAOZAN HAKIM"^^ . "NIM. 99363710 ACH FAOZAN HAKIM"^^ . . . . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Text)"^^ . . . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . . "HAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN\r\n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #30750 \n\nHAK IJBAR WALI TERHADAP WANITA DALAM PERKWINAN \n(STUDI KOMPARASI PANDANGAN IMAM ASY-SYAFI'1 DAN IMAM MALIK)\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .