%A AHMAD FUAD AFANDI %J /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah Volume 42, Number 1, 2004/ %T IADA SIYAGHAH MANHAJ AL-DIRASAH LISHUBATI AL-LUGHATI AL-ARABIYYATI WA ADABIHA %X bEra Globalisasi dan industrialisasi menuntut lulusan yang berkualitas, dalam arti memiliki kompetensi yang relevan dengan tuntutan masyarakat, termasuk dunia kerja. Untuk menjawab tuntutan itu, Program studi Bahasa dan Sastra Arab, perlu melakukan reformulasi kurikulum yang berorientasi kepada peningkatan kualitas lulusan berdasarkan atas hasil analisis kebutuhan masyarakat, di samping analisis topik-topik inti bidang studi. Kurikulum ini hendaknya bersifat fleksibel yang memungkinkan adanya pilihan-pilihan kompetensi sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang terus berubah dan minat serta bakat mahasiswa yang beragam. Fleksibelitas kurikulum ini memungkinkan disajikannya paket-paket mata kuliah pilihan yang memberikan kompetensi penunjang (tambahan), namun tetap relevan dengan kompetensi utamanya. Kurikulum fleksibel ini terdiri atas komponen-komponen (1) Keilmuan(kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan), (2) Kemahiran Berbahasa(Menyimak, Berbicara, Membaca, Menulis), (3) Keahlian/profesi utama, (4) Keahlian /profesi penunjang, (5) Kemasyarakatan dan Keagamaan. %K curriculum, quality, relevance, competence, flexibility %D 2008 %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib308