<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII"^^ . "Madu (cairan yang dihasilkan oleh !ebah) dalam kaitannya dengail\r\nmasalah zakat memunculkan sebuah perdebatan di kalangan para fuqaha', dalam hal: \"apakah madu \r\ntermasuk objek zakat atau bu..lcan?\" karena al-Qur'i.t1 sebagai sumber utama seringkali tidak \r\nsecara eksplisit memaparkan ketentuan zakat harta kekayaan.\r\nBerkaitan dengan hal di atas, penelitian ini bertujuan menyingkap\r\npendapat serta dalil-dalil yang digunakan oleh 'ulama fiqh untuk kemudian dilakukan \r\npentaijihan mana dalil ( 'aqli dan naqfl) yang lebih kuat, penelitian ini mengambil sampel dua \r\nImam maZhab yaitu Imam Abu Ijanifah dan Imam asy­ Syafi1 dengan dua alasan yaitu keduanya \r\nrepresentatif sebagai aliran fuqaha', Imam Abu Ijan1fah sebagai aliran rasionalis sedangkan \r\nImam asy-Syafi1 sebagai aliran mutakallimin. Metode pendekatan yang digunakan adalah \r\nfilosofis dan 'ilmu al-I:fadis (tarjlf; bain aiJ-Nuyii_s). Metode fllosofis digunakan untuk \r\nmeng:kaji l]ujjah-l]ujjah yang didasarkan pada qiyas. Sedangkan 'ilmu al-I:fadis (taijlf; bain an-N \r\n) digunakan ketika mengkaji dalil-dalil naqfi berupa l]adis Nabi. Adapun metode analisisnya \r\nadalah komparatif\r\nSetelah dilakukan penelusuran melalui literatur dari kedua Imam mazhab\r\ntersebut, ditemukan adanya perbedaan pendapat, Imam Abu I:fan!fah mengatakan bahwa madu sama halnya \r\ndengan hasil bumi yang harus dikeluarkan zakatnya, sedangkan Imam asy-Syafi'i mengatakan bahwa \r\nmadu bukanlah termasuk maka..11an pokok dan sama seperti susu yang mem.L.rut kesepakatan ulama \r\ntidak wajib dikelurkan zakatnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal: 1). Perbedaan sudut \r\npandang: di antara kedua Imam ma.Zhab tersebut di dalam melihat harta yang wajib dikeluarkan \r\nzakatnya. 2). Perbedaan pemahaman kedua Imam ma.Zhab dalam memahami pesan-pesa..11 al-Qur'an \r\nmelalui qiyas. 3). Perbedaan dalam penggunaan l]adis Nabi sebagai l]ttijah.\r\nPenelitian ini menunjukkan bahwa pendapat yang lebih kuat adalah\r\npendapat Imam Abu Ijariifah karena dalil yang digunakannya mengarah kepada kapasitas ma'mulun bfhi \r\n(layak dijad:ikan dasar perilaku keagamaan deng:annya)."^^ . "2005-03-24" . . . . "UIN SUNAN KAIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KAIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00360160"^^ . "SUHAERI"^^ . "NIM. 00360160 SUHAERI"^^ . . . . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Text)"^^ . . . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30876 \n\nZAKAT MADU MENURUT IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM ASY-SYAFII\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .