<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM )"^^ . "i\\rus gJobahsasi dunia saat L\"'li menyebabkan kePidunan maS}'arakat\r\nsemakin komplek. Dalam segala segi terjadi pembaurfui, temtama dalam bidang\r\nekonomi, komunikasi dan informasi, ketenagakeijaan serta pemukiman. Penduduk\r\ndi Indonesia tidak seluruhnya beragama Islam, karena itu kemungkinan berperkara anta..ra muslim \r\ndan non muslim tetap ada. Akibat dari kontak !angsung sering terdapat berbagai masalah yang akhimya \r\ndiselesaikan oleh Peradilan i\\gama. Dalam pemeriksaan di persidangan Peradilan Agama sering \r\ndijumpai kasus-kasus yang berpeluang untuk menggunakan bantuan pihak lain, seperti pembuktian yang \r\nakan disampaikan oleh saksi yang bu..kan beragama Islam, visum doki:er yang dibuat oleh doki:er \r\nyang bukan beragama Islam atau buk'ti-bukti lain yang berkaitan Iangsung dengan orang non muslim. \r\nMaka status keabsahan orang non muslim dalam memberikan saksi sangat penting untuk diteliti.\r\nAgar Iebih terfokus, maka pembahasan ini difokuskan kepada dua tokoh yakni Imam Syafi'i dan Ibnu \r\nQayyim, karena kedua-duanya selain mempunyai pendapat yang saling bertolak belakang juga mempunyai \r\nkelebihan tersendiri yakni Imam Sy-afi'i sebagai imam mazhab yang dianut mayoritas umat Islam di \r\nIndonesia sedang Jbnu Qayyjm mempunyai pendapat yang berlawanan pendapat dengan Imam Syafi'i dan \r\npendapatnya sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang sangat heterogen, sehingga hal ini \r\nmenurut peneliti menarik untuk diteliti.\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nImam Syafi'i menjelaskan bahvva penolaka.•1 tersebut berdasarkan pada fmnan Allah SWT dalam surat \r\nal-Baqarah ayat 282 dan surat a!-J:\"alaq ayat 2, yang mengemukakan bahwa orang yang bukan \r\n Islam, bukanJah orang yang bersifat adil dan bukan dari orang-orang yang riQ.a kepada kaum \r\nmuslimin. Allah SWT mensifutkan mereka sebagai orang yang suka dusta dan fasiq, sedang.l;;:an orang \r\nyang demikian itu tidak dapat dijadikan saksi sehingga orang non muslim tidak sah menjadi \r\nsaksi. Sedang Ibnu Qayyim yang membolehkan kesaksian non muslim dengan dalil surat al-Maidah ayat \r\n106, selain itu masalah persaksian yang terperrting adalah saksi-saksi tersebut dapat men.,oungkap \r\ntabir yang menutup kebenaran. Orang-orang yang dapat mengungkapkan itu adakalanya dari orang­ \r\norang yang yang bukan Islam dan orang-orang itu dapat dijamin kepercayaannya, maka dalam hal ini \r\nkesaksiannya dapat diterima.\r\nBerkenaan dengan penelitian ini, penyusun menggunakan pendekatan normatif, sedang mengolahan dan \r\nanalisis data memakai metode berfikir secara induktif dan komparatif\r\nDari basil penelitian dan pembahasan ini, dapat diperoleh kesimpulan\r\nbahwa Imam asy-Syafi'i memahami surat al-Baqarah (2) ayat 282 dan surat at­ J:\"alaq (65) ayat 2 \r\npada keumuman lafa?, tidak pada kekhususan sebab, sehingga ia berkesimpulan non muslim tidak boJeh \r\nmenjadi saksj_ Sedangkan Ibnu Qa:yyim dalam menerima non muslim menjadi saksi berdasarkan surat \r\nal-Maidah (5) ayat I 06, yang dipahami secara ahirnya !afa:?, karena menurutnya secara tersirat \r\nayat tersebut membo1ehkan non muslim menjadi saksi. Kemudian penyusun melakukan komparasi temadap \r\nkedua pendapat tersebut, dengan kesimpulan bahwa kesaksian non muslim dapat diterima dengan syarat \r\nadil dan diri4ai serta dalam masalah mu'amalah maupun jinayah sedang masalah al-Ahwiif a!>y­ \r\nSyakh-?iyah hams saksi orang Islam kecuali dalam keadaan qarurat (tidak ada orang Islam), boleh \r\nmenggunakan saksi non muslim."^^ . "2004-04-14" . . . . "UIN SUNAN KAIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KAIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98363150"^^ . "MOH. BAHRUL ULUM"^^ . "NIM. 98363150 MOH. BAHRUL ULUM"^^ . . . . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DP.pdf"^^ . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Text)"^^ . . . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESAKSIAN NON :MUSLIM\r\n\r\n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30921 \n\nKESAKSIAN NON :MUSLIM \n \n( STUDI BANDING PENDAPAT IMAM ASY-SYAFl'I DAN IBNU QAYYIM )\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .