<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)"^^ . "Memasuki Tahun 2003 \"KOPMA Lt\\IN\" mengalami perkembangan yang cuk'Up signifikan baik dari sisi \r\nusaha maupun organisasi. Perkembangan tersebut terjadi akibat kiat-kiat pemasaran yang telah \r\nmemunculkan Image pada onsumen sehingga dapat meningkatkan performa unit usaha KOPMA Prinsip \r\npembuatan strategi dalam pemesaran ini sebenamya adalah upaya untuk mempertahankan diri dari \r\nlingk..-ungan bisnis yang dinamis, tennasuk didalamnya meraih keuntungan dari keuntungan materi dan \r\nimmateri serta mengatasi persaingan yang ada.\r\nSebagai suatu lembaga yang nota bene berbasis Islam, maka seharusnya KOPMA senantiasa memperhatikan \r\naspek etik Islam dalam berbisnis. Prinsip bisnis Islam tidak hanya menekankan pada unsur \r\nmaterialistik. Akan tetapi harus mengacu pada konsep maslahah, seperti pada kupon undian berhadiah.\r\nEtika bisnis Islam mengatur tata-cara mengelola usaha dengan berlandaskan pada azaz keadilan dan \r\nkejujuran. Setiap manusia didorong untuk beke:rja bersama-sama dalam menyusun suatu sistem ekonomi \r\nyang berdasarkan prinsip keadilan kepada semua masyarakat. Penafsiran dari hal tersebut, manusia \r\ndituntut untuk selalu menjaga persaudaraan dalam segala ak:tifitasnya. Dalam kaitannya dengan \r\nak1ifitas pemasaran, manusia dituntut untuk bekerja keras dalam memajukan usahanya, salah satunya \r\ndengan media promosi berupa kupon undian berhadiah. Namun yang menjadi permasalahan adalah, apakah \r\nhal tersebut tidak dilarang dalam etika bisnis Islam?.\r\nIIlat hukum pada sistem undian Iotere, jelas adalah merugikan orang lain dari aspek ketidak \r\njelasan. Sedangkan pada sistem kupon undian sebagai strategi pemasaran, berusaha untuk menjual \r\nproduk sebanyak-banyaknya tanpa merugikan orang lain. Sehingga pihak produsen berhak untuk \r\nmemberikan cendramata atas apa yang mereka capai. Statemen ini juga didukung oleh para ulama yang \r\nsepakat mengatak.an bahwa kupon undian tersebut tidak bisa disamakan dengan kupon-kupon pada undian \r\nlotere, walaupun didalamnya ada unsur untung-untungan, namun hal tersebut tidak bisa dikategorikan \r\ndengan judi karena tidak ada pihak yang dirugikan. Pihak produsen untung dengan target omset yang \r\ndidapat dan konsumen untung karena dapat imbalan atas pembelian produk.\r\nPrinsip penetapan hukum berdasarkan qiyas yang penyusun teliti\r\nmemunculkan ide bahwa, unsur untung-untungan pada transaksi kupon undian berhadiah tidak bisa \r\ndikaitkan dengan undian lotere, sebab konsumen tidak hanya berharap untuk mendapatkan hadiah \r\nsemata-mata. Akan tetapi tujuan semata-mata adalah membeli produk.\r\nGencarnya promosi sebagai strategi untuk memasarkan produk dewasa ini\r\nmenuntut para pelaku bisnis untuk inovatif dalam menjalankan roda bisnisnya. Promosi dengan undian \r\nberhadiah merupakan salah satu jalan keluar dari ramainya tingkat persaingan yang ada disamping \r\nharga dan mutu produk. Fungsi dari kiat-kiat promosi tersebut disamping sebagai strategi untuk \r\nmenarik para konsumen untuk menikmati jenis barang yang barn di pasarkan, juga digunakan sebagai \r\nalat untuk mendekatkan diri pada konsumen."^^ . "2004-11-06" . . . . "UIN SUNAN KAIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KAIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 9938 3438"^^ . "ABDUL MALIK"^^ . "NIM. 9938 3438 ABDUL MALIK"^^ . . . . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DP.pdf"^^ . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN\r\n\r\nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM\r\n\r\n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30940 \n\nKUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN \n \nDITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM \n \n(STUDI KASUS DI \"KOPMA IAIN\"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "Muamalat" . .