TY - THES N1 - 1. DRS. A.YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si. 2. DRS. M SOD S.Sos.7 M.Si. ID - digilib30940 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30940/ A1 - ABDUL MALIK, NIM. 9938 3438 Y1 - 2004/11/06/ N2 - Memasuki Tahun 2003 "KOPMA Lt\IN" mengalami perkembangan yang cuk'Up signifikan baik dari sisi usaha maupun organisasi. Perkembangan tersebut terjadi akibat kiat-kiat pemasaran yang telah memunculkan Image pada onsumen sehingga dapat meningkatkan performa unit usaha KOPMA Prinsip pembuatan strategi dalam pemesaran ini sebenamya adalah upaya untuk mempertahankan diri dari lingk..-ungan bisnis yang dinamis, tennasuk didalamnya meraih keuntungan dari keuntungan materi dan immateri serta mengatasi persaingan yang ada. Sebagai suatu lembaga yang nota bene berbasis Islam, maka seharusnya KOPMA senantiasa memperhatikan aspek etik Islam dalam berbisnis. Prinsip bisnis Islam tidak hanya menekankan pada unsur materialistik. Akan tetapi harus mengacu pada konsep maslahah, seperti pada kupon undian berhadiah. Etika bisnis Islam mengatur tata-cara mengelola usaha dengan berlandaskan pada azaz keadilan dan kejujuran. Setiap manusia didorong untuk beke:rja bersama-sama dalam menyusun suatu sistem ekonomi yang berdasarkan prinsip keadilan kepada semua masyarakat. Penafsiran dari hal tersebut, manusia dituntut untuk selalu menjaga persaudaraan dalam segala ak:tifitasnya. Dalam kaitannya dengan ak1ifitas pemasaran, manusia dituntut untuk bekerja keras dalam memajukan usahanya, salah satunya dengan media promosi berupa kupon undian berhadiah. Namun yang menjadi permasalahan adalah, apakah hal tersebut tidak dilarang dalam etika bisnis Islam?. IIlat hukum pada sistem undian Iotere, jelas adalah merugikan orang lain dari aspek ketidak jelasan. Sedangkan pada sistem kupon undian sebagai strategi pemasaran, berusaha untuk menjual produk sebanyak-banyaknya tanpa merugikan orang lain. Sehingga pihak produsen berhak untuk memberikan cendramata atas apa yang mereka capai. Statemen ini juga didukung oleh para ulama yang sepakat mengatak.an bahwa kupon undian tersebut tidak bisa disamakan dengan kupon-kupon pada undian lotere, walaupun didalamnya ada unsur untung-untungan, namun hal tersebut tidak bisa dikategorikan dengan judi karena tidak ada pihak yang dirugikan. Pihak produsen untung dengan target omset yang didapat dan konsumen untung karena dapat imbalan atas pembelian produk. Prinsip penetapan hukum berdasarkan qiyas yang penyusun teliti memunculkan ide bahwa, unsur untung-untungan pada transaksi kupon undian berhadiah tidak bisa dikaitkan dengan undian lotere, sebab konsumen tidak hanya berharap untuk mendapatkan hadiah semata-mata. Akan tetapi tujuan semata-mata adalah membeli produk. Gencarnya promosi sebagai strategi untuk memasarkan produk dewasa ini menuntut para pelaku bisnis untuk inovatif dalam menjalankan roda bisnisnya. Promosi dengan undian berhadiah merupakan salah satu jalan keluar dari ramainya tingkat persaingan yang ada disamping harga dan mutu produk. Fungsi dari kiat-kiat promosi tersebut disamping sebagai strategi untuk menarik para konsumen untuk menikmati jenis barang yang barn di pasarkan, juga digunakan sebagai alat untuk mendekatkan diri pada konsumen. PB - UIN SUNAN KAIJAGA KW - Undiang berhadiah KW - etika bisnis Islam M1 - skripsi TI - KUPON UNDIAN BERHADIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN DITINJAU DARI SUDUT ETlKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI "KOPMA IAIN"UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 104 ER -