eprintid: 3115 rev_number: 5 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/31/15 datestamp: 2012-08-01 14:33:06 lastmod: 2012-08-01 14:33:28 status_changed: 2012-05-04 16:43:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI SOLIKHAH NIM. 04420922, title: EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN ispublished: pub full_text_status: restricted keywords: Eksperimentasi, Metode Pembelajaran, Mufrodat, Bahasa Arab, Media Gambar note: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV di MIN Jejeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan penguasaan mufrodat yang signifikan antara hasil belajar mufrodat siswa dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa tanpa menggunakan media gamba) pada siswa kelas IV MIN Jejeran. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah populasi, yaitu siswa kelas IV MIN Jejeran tahun akademik 2008-2009 sebanyak 32 siswa. Yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas IV A dan IV B. Kelas A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B menjadi kelompok control. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan tes. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS 2007 Macig Solves. Pada uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment Karl Peabon. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov Smirnov. Sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F analisis data dengan menggunakan rumus uji quot;t quot;. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eks sebesar 17,88 sedangkan kelompok control memperoleh skor rata-rata posttest sebesar 12,75. Kemudian dari rata-rata peningkatan penguasaan hasil belajar mufrodat Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar tersebut. Kelompok eks menunjukkan peningkatan sebesar 4,88 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,44. Dengan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa siswa yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran mufrodat lebih cepat memahami dan menghafal dibandingkan tanpa menggunakan media gambar. date: 2009-08-05 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-08-05 11:22:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitisolikh-2835-1-sitisol-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/57/digilib-uinsuka--sitisolikh-2835-1-sitisol-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3236 ; nama file lama : SITI SOLIKHAH 04420922 EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2193516 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-08-05 11:22:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitisolikh-2835-1-sitisol-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/57/digilib-uinsuka--sitisolikh-2835-1-sitisol-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3236 ; nama file lama : SITI SOLIKHAH 04420922 EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2193516 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI SOLIKHAH NIM. 04420922, (2009) EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115/10/small.jpg