eprintid: 3116 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/31/16 datestamp: 2012-08-09 11:28:51 lastmod: 2012-08-09 11:29:35 status_changed: 2012-05-04 16:43:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI ULFATUZ YAHRO NIM. 02411350, title: UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Guru, Sosial, Emosional, Anak Usia Dini, Beyond Centers and Circle Times note: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya pada usia pra sekolah, potensi sosial-emosional anak dikembangkan secara maksimal. Pergaulan mereka tidak hanya sebatas pada keluarga dan teman sebayanya di rumah, tetapi juga teman-teman sebaya yang secara geografis maupun sosiologis berbeda dari mereka. Oleh karena itu, anak usia dini hendaknya dibimbing untuk memperoleh keterampilan sosial, yang tentu berhubungan dengan kecakapan emosional. Tahun 2006 Depdiknas merilis model pembelajaran baru bagi anak usia dini, yaitu beyond centers and circle times. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran dengan pendekatan BCCT di TKIM Al-Furqon, bagaimana upaya guru TKIM Al-Furqon dalam mengembangkan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT, bagaimana hasil penerapan pendekatan BCCT bagi perkembangan sosial-emosional anak usia dini, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan BCCT di TKIM Al-Furqon Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana penerapan pendekatan BCCT di TKIM Al furqon, apa saja upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional anak dengan pendekatan BCCT, serta hal-hal yang mendukung dan menghambat penerapan metode ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TKIM Al-Furqon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara induktif melalui pendekatan teori belajar sosial Albert Bandura. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran dengan pendekatan BCCT berlangsung dengan sistematis dan sesuai dengan kerangka dasar pendekatan BCCT, (2) upaya guru dalam mengembangkan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT sudah dilakukan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan persiapan yang baik dan usaha penerapan yang sistematis, (3) hasil pengembangan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian indikator yang diharapkan. Namun, dalam perkembangan sosial-emosional, anak didik membutuhkan bimbingan dan (4) pengembangan tersebut didukung oleh (a) kualitas dan kuantitas pendidik yang mencukupi dan (b) komunikasi insidental yang lancar antara guru dan orang tua. Hambatan yang dialami adalah (a) sikap orang tua yang overprotective atau terlalu khawatir akan anaknya (b) kurangnnya sarana dan prasarana, (c) lingkungan anak yang kurang baik, dan (d) kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam penggunaan produk teknologi. date: 2009-08-05 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-08-05 11:27:18 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitiulfatu-2836-1-sitiulf-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/57/digilib-uinsuka--sitiulfatu-2836-1-sitiulf-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=3237 ; nama file lama : SITI ULFATUZ YAHRO 02411350 UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1108788 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI ULFATUZ YAHRO NIM. 02411350, (2009) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116/10/small.jpg