%0 Thesis %9 Skripsi %A Suci Wuri Handayani NIM. 05470038-04, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:3119 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Guru, Bimbingan dan Konseling, Siswa, Bermasalah %T UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA BERMASALAH KELAS VIII B DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3119/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bentuk-bentuk permasalahan yang dihadapi siswa dan upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi siswa bermasalah di MTsN Wonokromo Bantul. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTsN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, bentuk-bentuk masalah yang dihadapi siswa MTsN Wonokromo Bantul meliputi; tidak masuk sekolah tanpa keterangan (alfa), dan prestasi belajar rendah. Permasalahan itu timbul diantaranya disebabkan oleh kurangnya kesadaran diri siswa akan pentingnya pendidikan untuk masa depan dan kurangnya perhatian orang tua terhadap masa depan dan pendidikan anak. Kedua, upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling MTsN Wonokromo Bantul dalam mengatasi siswa bermasalah diantaranya dengan melakukan upaya preventif, upaya represif, dan upaya kuratif. Disamping itu juga bimbingan dilakukan dengan cara pendekatan personal yaitu, suatu metode yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dengan cara pendekatan kepada siswa yang bermasalah dan mengajak siswa untuk membicarakan atau mencari solusi masalah yang sedang di hadapi siswa. Dari semua upaya yang dilakuakan guru Bimbingan dan Konseling ternyata dapat mengurangi siswa yang bermasalah walaupun sedikit siswa yang masih mengalami permasalahan. Kesemua hal itu tidak luput dari kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan bagi masa depan. %Z Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd