@phdthesis{digilib31199, month = {August}, title = {PENDIDIKAN ANAK MENURUT INAYAT KHAN REVITALISASINYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN ISLAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM : 98414013 MUH ?ABDUL HAKIM}, year = {2003}, note = {1. Drs. Moch Fuad 2. Karwadi, M.Ag}, keywords = {Inayat Khan, Revitalisasi pendidikan, sistem pendidikan Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31199/}, abstract = {Dalam pandangan Inayat Khan, pendidikan mengandung arti yang sangat dalam yaitu pengetahuan tentang seseorang dan lingkungannya, pengetahuan tentang orang lain, baik yang kita kenal maupun yang tidak kita kenal, pengetahuan tentang kondisi umat manusia dan tuntutan hidup; dan pengetahuan mengenai sebab akibat, yang pada akhimya bermuara pada pengetahuan tentang dunia luar dan dalam. Sebab itu proses pendidikan merupakan life - long process atau berlangsung dalam durasi minalmahdi ilal-lahdi. Dan keluargalah yang menjadi basis pendidikan keteladanan tersebut. Namun realitas sekarang ini adalah adanya indikasi melemahnya fungsionalisasi pendidikan oleh keluarga.. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimna konsep pendidikan dan Bagaimana revitalisasi konsep pendidikan anak menurut Inayat Khan dalam sistem pendidikan Islam. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi atau kepustkaan, karena sifat penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data primer dari penelitian ini adalah buku-buku karya Inayat khan dan juga buku-buku karangan lain tentang pendidikan sebagai pembandingnya. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Pendidikan anak yang diteladankan oleh sufi Inayat Khan sebagai pendidikan keluarga berorientasi pada dimensi esoteris atau pengembangan kualitas bathiniyah, karena bagi Inayat Khan kualitas hati adalah kualitas terbesar bagi manusia scpanjang hidupnya. Sedangkan tujuan pendidikan anak dalam ide hannoni Inayat Khan adalah penanaman sikap ideal tidak mementingkan diri sendiri (unselfishness) pada anak. Lahirnya sikap ideal pada anak ini merupakan wujud dari ide realisasi spiritualitas lnayat Khan yaitu penghapusan ego. 2). Pendidikan anak dalam konsepsi Inayat Khan memiliki corak atau nuansa estetis. 3). Filosofi musik kehidupan sebagai dasar pengembangan kepribadian anak), gagasan-gagasan ideal seperti human brotherhood, ide kasih sayang Tuhan dan juga tuntunan metodis bagi pengkondisian spiritualitas anak , semua ini adalah tema-tema utama yang sangat penting untuk direvitalisasikan dalam sistem pendidikan Islam; (karena hal ini) sekaligus sebagai aktualisasi untuk menghidupkan 'ruh' spiritualitas yang khas dari Inayat Khan.} }