%A SULISTIYO RINI NIM. 0247 1073 %O Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M. Ag %T IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH IV YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 %X ABSTRAK Penelitian tentang Implementasi Accelerated Learning pada Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah IV Yogyakarta ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan Accelerated Learning pada pembelajaran PAI khususnya pelajaran Aqidah dan Akhlak dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dari Implementasi Accelerated Learning pada kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah IV Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang disebut dengan Classroom Action Research (CAR). Buku yang dijadikan pedoman utama dalam penelitian ini adalah 1) “The Accelerated Learning Hand Book, Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan†karangan Dave Meier, 2) “Penelitian Tindakan Kelas†karangan Suharsimi Arikunto dkk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan metode interviu, observasi, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, tehnik analisis data data kualitatif dan kuantitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Accelerated Learning pada pembelajaran PAI khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, ternyata mampu meningkatkan kualitas pembelajaran serta menambah kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas dan lebih mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran Aqidah Akhlak. %K Implementasi, Accelerated Learning, Pembelajaran, Aqidah, Akhlak %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3120