eprintid: 31226 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12192 dir: disk0/00/03/12/26 datestamp: 2018-10-24 05:11:27 lastmod: 2018-10-24 05:11:27 status_changed: 2018-10-24 05:11:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSTOPIK, NIM. 98474113 title: KONSEP PENDIDIKAN MORAL KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: kepemimpinan dalam Islam, pendidikan moral, etika kepemimpinan note: Drs. M. Jamroh Lathief abstract: Masalah pendidikan moral merupakan masalah yang tidak henti-hentinya dibicarakan di dunia kependidikan maupun di ranah keagamaan karena masalah pendidikan moral merupakan masalah yang sangat urgen dan sangat serius. Adanya kemerosotan moral menjadi tamparan tersendiri di kalangan para orang tua, ulama dan pendidik tentunya. Pertanyaan yang muncul jika terjadi kemerosotan moral adalah, moral siapa dulu yang harus diperbaiki? Moral peserta didik atau moral pendidik sebagai pemimpin dalam proses pendidikan? Skripsi ini mengkaji secara konseptual berkaitan dengan bagaimana konsep dasar kepemimpinan dalam Islam dan bagaimana bentuk pendidikan moral kepemimpinan dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Penulis menggunakan sumber data primer terutama buku-buku tulisan Zakiah Darajat, Hadari Nawawi dan buku tulisan dari Aunur Rohim Fakeh. Sebagai pendukung atau sumber sekunder, penulis banyak menggunakan buku-buku dan sumber lain dari penulis lain yang sangat berkaitan dengan kajian skripsi ini. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif analitis dengan metode berfikir induktif dan deduktif. Penulis menggunakan kerangka teori antara lain tentang pendidikan moral dan kepemimpinan dari David Hume, teori idealis, teori moral Frans Magnis Suseno, teori interaksi dan harapan, teori humanistic dan sebagainya. Kajian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1. Konsep kepemimpinan Islam didasarkan atas pendekatan normative, historis dan teoritik. Kepemimpinan dalam Islam mempunyai fungsi instruktur, konsultatif, partisipasi, delegasi, pengendalian dan teladan. Adapun karakteristik kepemimpinan Islam adalah beriman, bartakwa, adil, jujur, percaya, menepati janji, berilmu pengetahuan, berani, dermawan, kasih saying, sabar, mengendalikan diri, dan memiliki rasa malu, kuat, memiliki kemampuan manajerial dan kemampuan memotivasi. 2. Pendidikan moral kepemimpinan ditempuh melalui pendidikan informal dan keluarga, di samping pendidikan formal. date: 2003-08-26 date_type: published pages: 180 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUSTOPIK, NIM. 98474113 (2003) KONSEP PENDIDIKAN MORAL KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31226/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31226/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf