@phdthesis{digilib3124, month = {August}, title = {PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKADEMIS PADA SISWA KELAS IX MTsN YOGYAKARTA II DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2007/ 200}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Syaeful Mu'min NIM. 05410129}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Sukiman, M. Pd}, keywords = {Guru, Pendidikan Agama Islam, Kualitas Akademis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3124/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam meningkatkan kualitas akademis siswa diantaranya adalah sekolah tersebut mampu meluluskan siswanya dengan prosentase yang tinggi dengan nilai ujian nasional yang tinggi. Tuntutan kelulusan yang tinggi, mendorong sekolah untuk melakukan berbagai upaya untuk mencapainya. Ketidaklulusan siswa dalam ujian nasional bisa jadi bukan karena faktor ketidakmampuannya menguasai materi pelajaran, tetapi karena faktor kelelahan mental (mental fatique), karena stress pada saat mengerjakan ujian atau karena kesalahan pengukuran yang biasa terjadi pada setiap tes (fase negative). Ada kebijakan khusus yang diterapkan Kepala Madrasah, yaitu memberikan salah satu peran penting pada guru Agama untuk menyusun program keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru agama dalam meningkatkan kualitas akademis pada siswa kelas IX MTsN Yogyakarta II dalam menghadapi ujian nasional tahun 2008. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil dari peranannya tersebut pada tingkat kelulusannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi bahan masukan bagi guru-guru, khususnya guru-guru di MTsN Yogyakarta II tentang arti penting peran guru agama dalam meningkatkan kualitas akademis pada kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian pada MTsN Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bebas terpimpin dan mendalam, observasi (pengamatan terbuka), dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis induktif, yaitu menganalisis data yang khusus kemudian ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran Guru Agama dalam meningkatkan kualitas akademis siswa MTsN Yogyakarta II dalam menghadapi ujian nasional Tahun 2008 adalah sebagai pembimbing, penasehat, dan Motivator. Pada pelaksanaannya, Guru agama menyusun berbagai program kegiatan, yaitu: Pertama, Pembinaan Ibadah yang merupakan wujud pembekalan spiritual siswa dengan kegiatannya adalah shalat dhuha berjama{\~A}?{\^a}??{\^a}??ah, pembimbingan shalat dhuhur berjama{\~A}?{\^a}??{\^a}??ah, Kultum setelah shalat dhuhur dan shalat ashar berjama{\~A}?{\^a}??{\^a}??ah, Training ESQ, dan Shalat Tahjjud; Kedua, Pembinaan Mental dan Kerohanian yang merupakan wujud dari pembekalan mental siswa yaitu dengan kegiatan melaksanakan Mujahadah dan Muhasabah yang dilaksanakan 2 bulan sebelum pelaksanaan ujian nasional dan 3 hari sebelum pelaksanaan ujian nasional; 2) Hasil peran guru agama dalam menyiapkan para siswanya menghadapi ujian nasional adalah siswa mempunyai kesiapan mental spiritual yang kuat pada saat ujian nasional tahun 2008, meningkatnya tingkat kelulusan siswa pada tahun 2008 dari 66,84\% (2006) dan 93,75\% (2007) menjadi 98,24\% (2008), dan lulusannya mampu untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. } }