%0 Thesis %9 Skripsi %A Mahmud Syarif, NIM. 99414240 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2003 %F digilib:31289 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Pendidikan Agama Islam, Strategi Pendidikan %P 91 %T Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendorong Kegiatan Keagamaan Siswa Man Yogyakarta Ii %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31289/ %X UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDORONG KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA MAN YOGYAKARTA II MAHMUD SYARIF NIM. 99414240 Pendidikan agama senantiasa dipersepsikan dalam keadaan terbelakang. Disentegrasi sistem pendidikan Islam belum terlihat perpaduan antara ilmu-ilmu agama yang diajarkan. Jika pendidikan Islam hendak diupayakan untuk dapat menjawab persoalan-persoalan tersebut, maka proses belajar mengajar harus mengalami modivikasi isi dan inovasi. Diantara modifikasi isi dan inovasi dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di MAN Yogyakarta II adalah diberlakukannya mata pelajaran Praktik Ibadah. Berangkat dari uraian di atas peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keagamaan para siswa di MAN Yogyakarta II dan bagaimana bentuk dan hasil dari upaya Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecakapan keagamaan di MAN Yogyakarta II. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah intervieuw, angket, observasi, dokumentasi. Data penelitian dianalisis kualitatif deskriptif kemudian dibahas dengan dua cara berfikir deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini adalah: 1.Upaya guru PAI dalam meningkatkan kecakapan keagamaan di MAN Yogyakarta II diantaranya memanfaatkan jam pelajaran kosong, memberi tugas kepada siswa, adanya mata pelajaran “praktik ibadah”, dan memanfaatkan momentum-momentum istimewa dalam Islam untuk memperdalam kecakapan siswa dalam bidang ibadah. 2.Bentuk-bentuk kecakapan keagamaan yang diberikan kepada siswa adalah ibadah shalat, ibadah sosial dan ibadah yang berhubungan dengan khutbah dan dakwah. %Z PEMBIMBING : Dra. Sri Sumarni, M. Pd. Suwadi, M. Ag.