%0 Thesis %9 Skripsi %A Moh. Iqbal Assyauqi, NIM. 00420054 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2005 %F digilib:31299 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K strategi belajar, bahasa Arab %P 95 %T Persepsi Siswa Mtsn Model Atas Media Kartu Bergambar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Amuntai Kalimantan Selatan %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31299/ %X PERSEPSI SISWA MTsN MODEL ATAS MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI AMUNTAI KALIMANTAN SELATAN MOH. IQBAL ASSYAUQI NIM. 00420054 Bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an dan Al Hadits, keduanya adalah dasar agama Islam. MTsN Model Amuntai sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan DEPAG, menjadikan bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang berfungsi sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan observasi penulis di MTsN Model Amuntai baik secara formal mauoun nor formal, menunjukkan bahwa pemerolehan kemampuan berbahasa Arab baik secara kuantitas maupun kualitas masih jauh dari yang digariskan dalam GBPP MTs. Menurut pengamatan penulis suasana belajar bahasa Arab kelas I MTsN Model Amuntai masih mencerminkan belajar yang kaku dan monoton, siswa bersifat pasif serta cenderung bosan belajar bahasa Arab. Keinginan untuk mendapatkan dan mengupayakan terciptanya suasana keceriaan dan enjoy dalam beljar serta meningkatkan persepsi/respon anak didik terhadap bahasa Arab inilah yang mendorong penulis untuk mengujicobakan media kartu bergambar sebagai salah satu metode pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa terhadap bahasa Arab melalui media kartu bergambar. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, guru bidang studi bahasa Arab kelas I MTsN Model Amuntai, dan siswa MTsN Model Amuntai Kelas I. Data dikumpulkan melalui metode interview, dokumentasi, observasi, dan angket. Untuk menganalisis data kualitatif digunakan metode deskriptif analitik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media permainan kartu bergambar dapat meningkatkan persepsi anak terhadap bahasa Arab pada siswa kelas I MTsN Model Amuntai yang berupa peningkatan pada pemahaman, penerimaan, persepsi, responsive terhadap bahasa Arab. %Z PEMBIMBING : Drs. H. A. Janan Asifuddin