%0 Thesis %9 Skripsi %A PUGA OKTA JAYA, NIM. 13230047 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:31319 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Proses, Sumber Daya Manusia, Pesantren Ibnul Qoyyim Putri %P 110 %T PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31319/ %X Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri dalam penelitian adalah salah satu amal usaha PDHI (Persaudaraan Djama’ah Haji Indonesia) DIY. Pondok pesantren ini memiliki filsafah berdasarkan visinya yaitu “Mencetak Generasi Mukmin, Mu’allim, Muballigh dan Mujahid yang Mukhlis.” Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri sebagai lembaga dakwah juga mengadakan pengembangan bagi SDM guru dengan tujuan untuk menghadirkan lulusan pesantren yang berkualitas maka harus di didik juga oleh guru yang berkualitas, sehingga visi pesantren dapat terwujud. Permasalahan yang sering terjadi di dunia pendidikan. Lebih kompleksnya masalah yang dituntut atas keterbatasan sumber daya guru dari pihak tenaga pengajar. Maka hadirlah Pelaksanaan pelatihan dan pengembangan sumber daya guru untuk meminimalir keterbatasan tersebut dan mengeksploitasi lebih dalam kemampuan SDM guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan SDM guru, hasil dari pelaksanaan proses pengembangan SDM guru, serta faktor pendukung dan faktor penghambat terlaksananya pengembangan SDM guru di pesantren. Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah berdasarkan kriteria dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Proses pengembangan SDM guru di Pesantren Ibnul Qoyyim Putri adalah dengan cara yaitu: mengadakan seminar pelatihan dan pengembangan,workshop, serta pembinaan. 2. Hasil dari pelaksanaan proses pengembangan SDM guru di pesantren yaitu: memberikan pengetahuan serta wawasan kepada guru sehingga mampu bekerja secara professional, Meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill sumber daya guru yang dimiliki pesantren, kepercayaan dan kemampuan sumber daya guru dalam mengajar membaik, meningkatnya kualitas dan kapabilitas guru dalam proses belajar mengajar di pesantren. Faktor pendukung dan penghambat proses pengembangan SDM guru masih berkutat pada masalah waktu pelaksanaan dan tidak adanya buku panduan untuk menjadi acuan proses pengembangan SDM guru selanjutnya. %Z Dr. Sriharini. M.Si