TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Nadlifah M.Pd ID - digilib3135 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3135/ A1 - ZAINUL ARIFIN, NIM. 01470799 Y1 - 2009/08/05/ N2 - Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan dengan memakai metode penelitian kualitatif yang berusaha mendeskripsikan realitas-realitas aktual yang terjadi dalam pembelajaran PAI di sekolah tersebut. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai meliputi: observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian di lapangan tersebut, ditemukan adanya realisasi pendekatan multikultural dalam pembelajaran PAI yang tercermin dalam figur pendidik dengan kesadaran akan keragaman siswanya, sehingga diejawantahkan pada penggunaan srategi dan metode pembelajarannya, yaitu dengan meningkatkan pengetahuan tentang budaya dan etnis, kebijakan menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik, menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar, dan menciptakan hubungan harmonis sesama peserta didik. Realisasi pendekatan multikultural di atas berimplikasi pada tersedianya kesempatan yang merata kepada siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Di samping itu, juga berimplikasi pada tumbuhnya solidaritas pada diri siswa, sehingga mereka hidup rukun, saling membantu, menghormati, dan menghargai sesamanya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan multikultural dalam pembelajaran PAI merupakan strategi yang relatif baru, juga sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Oleh karena itu, pendekatan multikultural perlu dikembangkan secara maksimal untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di era globalisasi. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendekatan Multikurtural KW - Pembelajaran KW - Pendidikan Agama Islam M1 - skripsi TI - PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di SMAN 8 Yogyakarta) AV - restricted ER -