%0 Thesis %9 Skripsi %A Maimunatun NIM. 03420249, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:3137 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Problematika, Penerapan, Pengajaran, Bahasa Arab %T PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MIN YOGYAKARTA II %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3137/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan problem apa saja yang terjadi dalam penerapan metode pengajaran bahasa Arab di MIN Yogyakarta II dan untuk mengetahui solusi atau usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pengajaran bahasa Arab umumnya dan khususnya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta II sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun jumlah subyek penelitiannya menggunakan populasi, yaitu sebanyak 76 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV, V, VI tahun ajaran 2008/2009, serta guru bidang studi bahasa Arab yang berjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interfiew/ wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu dengan metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam penerapan metode pengajaran bahasa Arab di MIN Yogyakarta II, yaitu: a) terkait dengan memilih dan menentukan metode yang tepat dan efektif adalah penyesuaian metode tersebut terhadap siswa yang membutuhkan waktu yang lama dan minimnya kemampuan guru dalam menguasai metode yang baru. b) terkait dengan penerapan metode pengajaran di kelas IV, V, dan VI adalah 1) dari segi siswa yaitu siswa belum begitu familier dan mencintai bahasa Arab; tingkat konsentrasi siswa yang kurang maksimal; bahasa Arab belum bisa digunakan sehari-hari; bervariasinya latar belakang siswa dan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab. 2) dari segi guru yaitu faktor kesiapan guru terhadap penerapan metode, kurang bisa mengkondisikan siswa, latar belakang guru bahasa Arab dan minimnya kemampuan guru dalam menguasai metode yang baru serta penyesuaian dalam menerapkan metode terhadap siswa. 3) waktu yang kurang memadai. 4) kurangnya dukungan dari pihak orang tua (keluarga) siswa. 5) sarana-prasarana yang kurang memadai. Sedangkan solusi/ usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika tersebut, antara lain: a) bagi siswa meliputi: siswa wajib membawa buku saku mufrodat dan menghafalkannya; yang belum lulus/ tuntas bahasa Arab diberi remedial; setiap kelompok harus punya kamus dalam CCBA; selalu berusaha bertanya jika mengalami kesulitan dalam bahasa Arab. b) Bagi guru meliputi: guru melakukan praktek lapangan untuk mensosialisasikan metode yang digunakan kepada siswa dan melakukan evaluasi; banyak menterjemahkan dan memotivasi siswa; menggunakan sarana prasarana yang ada dan membuat alat peraga sendiri secara sederhana. %Z Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin A, M.Ag