eprintid: 3137 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/31/37 datestamp: 2012-09-18 15:15:12 lastmod: 2017-04-03 08:03:30 status_changed: 2012-05-04 16:43:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maimunatun NIM. 03420249, title: PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MIN YOGYAKARTA II ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Problematika, Penerapan, Pengajaran, Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin A, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan problem apa saja yang terjadi dalam penerapan metode pengajaran bahasa Arab di MIN Yogyakarta II dan untuk mengetahui solusi atau usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pengajaran bahasa Arab umumnya dan khususnya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta II sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun jumlah subyek penelitiannya menggunakan populasi, yaitu sebanyak 76 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV, V, VI tahun ajaran 2008/2009, serta guru bidang studi bahasa Arab yang berjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interfiew/ wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu dengan metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam penerapan metode pengajaran bahasa Arab di MIN Yogyakarta II, yaitu: a) terkait dengan memilih dan menentukan metode yang tepat dan efektif adalah penyesuaian metode tersebut terhadap siswa yang membutuhkan waktu yang lama dan minimnya kemampuan guru dalam menguasai metode yang baru. b) terkait dengan penerapan metode pengajaran di kelas IV, V, dan VI adalah 1) dari segi siswa yaitu siswa belum begitu familier dan mencintai bahasa Arab; tingkat konsentrasi siswa yang kurang maksimal; bahasa Arab belum bisa digunakan sehari-hari; bervariasinya latar belakang siswa dan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab. 2) dari segi guru yaitu faktor kesiapan guru terhadap penerapan metode, kurang bisa mengkondisikan siswa, latar belakang guru bahasa Arab dan minimnya kemampuan guru dalam menguasai metode yang baru serta penyesuaian dalam menerapkan metode terhadap siswa. 3) waktu yang kurang memadai. 4) kurangnya dukungan dari pihak orang tua (keluarga) siswa. 5) sarana-prasarana yang kurang memadai. Sedangkan solusi/ usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika tersebut, antara lain: a) bagi siswa meliputi: siswa wajib membawa buku saku mufrodat dan menghafalkannya; yang belum lulus/ tuntas bahasa Arab diberi remedial; setiap kelompok harus punya kamus dalam CCBA; selalu berusaha bertanya jika mengalami kesulitan dalam bahasa Arab. b) Bagi guru meliputi: guru melakukan praktek lapangan untuk mensosialisasikan metode yang digunakan kepada siswa dan melakukan evaluasi; banyak menterjemahkan dan memotivasi siswa; menggunakan sarana prasarana yang ada dan membuat alat peraga sendiri secara sederhana. date: 2009-08-05 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-08-05 14:26:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--maimunatun-2858-1-maimunat-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/58/digilib-uinsuka--maimunatun-2858-1-maimunat-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3259 ; nama file lama : MAIMUNATUN 03420249 PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MIN YOGYAKARTA II.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 4207550 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Maimunatun NIM. 03420249, (2009) PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3137/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3137/2/BAB%20II%2C%20III.pdf