%0 Thesis %9 Skripsi %A AULIA NUR RAHMA, NIM 13210050 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2018 %F digilib:31375 %I UIN Sunan Kalijaga %K Intensitas, Instagram, Perilaku Konsumtif, teori Uses and Effect, Analisis Regresi Linear Sederhan %P 134 %T PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31375/ %X Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil gambar, menerapkan filter dan membagikannya. Kelebihan fitur yang dimiliki Instagram, membuat sebagian orang membuka lahan bisnis melalui Instagram. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari barang yang diinginkan melalui Instagram. Banyaknya akun toko online yang muncul pada Instagram, dapat memicu pengguna untuk berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh intensitas mengakses Instagram terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Sebagian dari mereka merupakan pengguna aktif Instagram. Mereka menggunakan Instagram salah satunya sebagai referensi ketika ingin berbelanja secara online. Selain itu, mereka juga mengikuti perkembangan trend yang sedang terjadi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey. Teori yang digunakan adalah Teori Uses and Effect. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang didasarkan pada kriteria tertentu dan didapatkan 138 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dihasilkan nilai t hitung (5,199)>t tabel (1,655) sedangkan besar p adalah 0,000<0,05. Artinya terdapat pengaruh positif antara intensitas mengakses Instagram terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan besar koefisen determinasi (R2) yaitu 0,166 yang artinya bahwa intensitas mengakses Instagram dapat menjelaskan perubahan perilaku konsumtif sebesar 16,6% atau dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel intensitas mengakses Instagram terhadap variabel perilaku konsumtif adalah 16,6%. Sisanya 83,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kata Kunci: Intensitas, Instagram, Perilaku Konsumtif, teori Uses and Effect, Analisis Regresi Linear Sederhan %Z Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.