<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB)"^^ . "Pola keberagamaan yang terbuka dan iolerau paua dasarnya merupakan salah satu inti dari ajaran \r\nIslam. Ia merupakan ajaran yang berlaku tidak hanya pada suatu masa dan tempat tertentu, melainkan \r\nmelampaui keduanya. Hanya saja kenyataan sejarah telah mcnorehkan warna lain. Telah terjadi sebuah \r\nproses pemasungan doktrin dari ajaran Islam yang berakibat pada lahimya sebuah paradigma \r\nkeberagamaan yang kaku dan intoleran.\r\nFenomena ini mengundang keprihatinan banyak pihak, khususnya para Ulama. Terlebih ketika ajaran \r\nIslam dipolitisir dan dijadikan senjata ideologis yang ampuh oleh para penguasa guna \r\nmempertahankan status quo mereka. Salah satu dari khazanah Islam yang mengalami proses ideologisasi \r\nadalah fiqh. Karaktemya yang elastis dan dinamis, dipasung menjadi statis dan stagnant. Hal ini \r\npula yang mengakibatkan keberagamaan kaum Muslimin cenderung eksklusif dan tidak ramah ketika \r\nberhadapar, dengan komunitas di luar Islam.\r\nPeristiwa pemasungan doktrin ajaran Islam ini telah membentuk sebuah jaringan kebenaran yang \r\nberskala internasional. Dan kaum Muslimin di Indonesia tidak luput dari jaringan tersebut. \r\nLiteratur-literatur yang sarat dengan muatan ideologi serta beraroma ciiskrimanatif menjadi bahan \r\nkajian rutin di kalangan umat Islam Indonesia. Imbas dari semua ini adalah lahirnya beragam \r\nkonflik yang salah satunya disebabkan oleh pola keberagamaan yang ekslusif\r\nSebenarnya, telah banyak upaya yang dilakukan. Hanya saja, kare11a\r\nberagama merupakan hal yang bersifat subyektif, maka menjadi sesuatu yang tidak mudah untuk mel \r\nrkan sebuah kesadaran beragama yang seragam. Di antara upaya yang dilakukan tersebut adalah \r\nmenawarkan ยท paradigma baru keberagamaan seperti yang dilakukan oleh Nurcholish Madjid dan Alwi \r\nShihab.\r\nBaik Nurcholish Madjid maupun Alwi Shihab, keduanya sepakat bahwa\r\npola keberagamaan yang eksklusif tidak lagi harus dipertahankan. Sudah waktunya kaum muslimin \r\nbergerak maju menata keberagamaau.nya. Dengan hal ini diharapkan bisa tercipta sebuah kehidupan \r\nyang harmonis, tanpa menafikan pluralitas yang ada. Tentunya pola keberagamaan yang inklusif dan \r\npluralis menjadi pilihan satu-satunya guna mewujudkan hal tersebut. Hal ini pula yang menjadi \r\nconcern keduanya dalam berkiprah di dunia pemikiran Islam.\r\nDari paparan singkat ini, muncul beberapa pokok permasalahan yang\r\nharus dipecahkan, yaitu: 1) Bagaimanakah Nurcholish Madjid dan Alwi Shihab memaknai Inklusivisme \r\n(keterbukaan) dalam Islam dan 2). Apa pengaruh .yang ditimbulkan dari konsep tersebut terhadap \r\nfiqh hubungan aptar agama di Indonesia yang selama ini terpasung dan nyaris tak tersentuh oleh \r\ntradisi berfikir kritis. Sebagai jawaban dan dua pokok masalah ini bisa dilihat pada kesimpulan di \r\nakhir skripsi ini."^^ . "2005-01-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM : 00360425"^^ . "AGUSSUNARYO"^^ . "NIM : 00360425 AGUSSUNARYO"^^ . . . . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP INKLUSIVISME ISLAM\r\nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA\r\n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #31426 \n\nKONSEP INKLUSIVISME ISLAM \nDAN PENGARUHNYA TERHADAP FIQH LINTAS AGAMA DI INDONESIA \n(STUDI PERBANDINGAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID DAN ALWI SHIHAB)\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .