@phdthesis{digilib3147, month = {August}, title = {KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI (SISWA-SISWI TUNA NETRA MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 YOGYAKARTA)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { YENNY QOMARI ISTIQOMAH - NIM. 02221035}, year = {2009}, note = {PEMBIMBING: Prof.Dr.M.Bahri.Ghazali,MA}, keywords = {Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri, Siswa-Siswi Tuna Netra Madarasah Aliyah Negeri 5 Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3147/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri (Siswa-Siswi Tuna Netra Madarasah Aliyah Negeri 5 Yogyakarta). Populasi penelitian ini adalah semua siswa-siswi tuna netra MAN 5 Yogyakarta yang berjumlah 10 orang, sehingga ditempuh dengan sample populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Kecerdasan emosional siswa-siswi tuna netra Madarasah Aliyah Negeri 5 Yogyakarta yaitu dengan rata-rata nilai 93,7 dengan prosentase 80\%. Hal ini berarti bahwa secara mayoritas kecerdasan emosional siswa-siswi tuna netra Madarasah Aliyah Negeri 5 Yogyakarta tergolong cukup baik. 2). Kepercayaan diri siswa-siswi tuna netra Madarasah Aliyah Negeri 5 Yogyakarta sudah cukup baik. Hal ini bisa ditunjukkan dengan nilai rata-rata 47,9 dengan prosentase 60\%. 3). Korelasi (hubungan) antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri siswa-siswi tuna netra Madarasah Aliyah Negeri 5 Yogyakarta ternyata tidak memiliki korelasi positif yang signifikan dalam hal indek korelasi rxy menunjukkan angka sebesar 0,4465116. Dengan demikian baik tidaknya kecerdasan emosional siswa-siswi tuna netra tidak mempengaruhi tingkat kepercayaan dirinya. } }