eprintid: 31533 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/15/33 datestamp: 2018-11-15 04:29:19 lastmod: 2018-11-15 04:29:19 status_changed: 2018-11-15 04:29:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LINTANG JUTA SAMAWAHANA, NIM. 14220005 title: LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SEWON ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar note: Slamet, S. Ag., M.Si abstract: LINTANG JUTA SAMAWAHANA, 14220005. "Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Sewon. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Belajar sangat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia agar seseorang mendapatkan ilmu yang baik dan dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya serta masa depannya. Latar belakang penyusunan penelitian ini berdasarkan kejaidian adanya siswa yang membutuhkan motivasi belajar. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tahap-tahap dan metode penyajian layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sewon. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumetasi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas IX dan Guru Bimbingan dan Konseling. Sedangkan obyek penelitian adalah tahap-tahap dan metode layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. Analisis data mengggunakan metode deskripsif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 tahap-tahap dan 2 metode layanan bimbingan klasikal. 5 tahap-tahap layanan bimbingan klasikal adalah perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, mentoring dan penilaian, dan tindak lanjut. Sedangkan metode layanan bimbingan klasikal adalah ceramah bimbingan dan diskusi kelompok. Beberapa tahap-tahap dan metode tersebut digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. date: 2018-06-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LINTANG JUTA SAMAWAHANA, NIM. 14220005 (2018) LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31533/1/14220005_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31533/2/14220005_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf