%0 Thesis %9 Skripsi %A YUNITA KURNIA SARI, NIM. 14220038 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:31540 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Hukuman Berjenjang, Disiplin Siswa %T PENERAPAN HUKUMAN BERJENJANG UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI MTSN 9 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31540/ %X Yunita Kurnia Sari, "Penerapan Hukuman Berjenjang untuk Meningkatkan Disiplin Siswa di MTsN 9 Bantul", Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Madrasah selain berkewajiban menyampaikan ilmu pengetahuan, juga berkewajiban menanamkan nilai karakter disiplin pada peserta didik ketika berada dimadrasah. Sebagai langkah mengontrol kedisiplinan siswa, seringkali madrasah memilih alat pendidikan berupa hukuman. Hukuman dalam dunia pendidikan masih sering kali menjadi perdebatan, karena hukuman masih selalu diasumsikan sebagai sesuatu hal negatif. Akan tetapi, hukuman tidak selalu sesuatu hal yang negatif apabila diterapkan sesuai dengan prinsip-prinsip serta langkah-langkah yang tepat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan memahami langkah-langkah penerapan hukuman berjenjang untuk meningkatkan disiplin siswa di MTsN 9 Bantul. Sumber data dalam peneitian ini adalah guru BK dan 5 siswa yang pernah mengalami hukuman berjenjang. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan hukuman berjenjang untuk meningkatkan disiplin siswa di MTsN 9 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kulitatif. Langkah-langkah penerapan hukuman berjenjang untuk meningkatkan disiplin siswa di MTsN 9 Bantul dilaksanakan dengan lima (lima) langkah, yaitu 1) Teguran, 2) Pemberitahuan Orang tua, 3) Pemanggilan Orang tua, 4) Skorsing, 5) Dikeluarkan dari madrasah %Z Dr. Irsyadunnas, M.Ag.