TY - THES N1 - A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. ID - digilib31541 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31541/ A1 - PUPUT SAHARA, NIM. 14220044 Y1 - 2018/06/23/ N2 - Puput Sahara, 14220044, Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VII SMP N 2 DEPOK. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini ialah pendidikan multikultural menjadi salah satu concern dari Pasal 4 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal ini menjelaskan pendidikan diselenggarakan secara demokratis, tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi HAM, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa. Setelah memperhatikan beberapa siswa kelas VII di SMP N 2 DEPOK ada yang masih membutuhkan Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok Siswa kelas VII di SMP N 2 DEPOK. Subjek penelitiannya yaitu seorang guru bimbingan dan konseling dan empat siswa dari masing-masing kelas VII. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya yaitu tahap-tahap Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok Siswa kelas VII di SMP N 2 DEPOK yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling adalah pertama, tahap level diri. Kedua, tahap level sekolah. Dan ketiga, tahap level masyarakat. Implementasi pendidikan multikulturl dilakukan secara kelompok 4-5 orang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Implementasi Pendidikan Multikultural KW - Bimbingan Kelompok M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK AV - restricted ER -