@phdthesis{digilib31544, month = {June}, title = {BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14220054 MUHIMMATUS SYARIFAH}, year = {2018}, note = {Drs. Abror Sodik, M.Si.}, keywords = {Bimbingan Pribadi, Anak Tunalaras}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31544/}, abstract = {MUHIMMATUS SYARIFAH. "Bimbingan Pribadi dalam Meningkatkan Kontrol Anak Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta". Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak tunalaras merupakan anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan emosi dan perilaku, mereka mengalami kesulitan dalam mengendalikan dirinya sehingga layanan bantuan yang tepat diberikan adalah bimbingan pribadi untuk membantu menyelesaikan problem yang berkenaan dengan dirinya sendiri yakni kontrol diri anak tunalaras baik dari segi emosi maupun perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana unsur-unsur pelaksanaan bimbingan pribadi pada anak tunalaras dalam meningkatkan kontrol dirinya, baik dari segi emosional maupun perilakunya di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiaannya adalah kepala sekolah, guru pembimbing kelas II, III dan V, orangtua anak tunalaras, dan anak tunalaras kelas II, III dan V yang mengikuti bimbingan pribadi dalam meningkatkan kontrol diri anak tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Metode untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga hal yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur-unsur pelaksanaan bimbingan pribadi dalam meningkatkan kontrol diri pada anak tunalaras kelas II,II dan V di SLB E Prayuwana Yogyakarta yaitu meliputi subjek, objek, materi, metode dan sarana.} }