eprintid: 31564 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/15/64 datestamp: 2018-11-15 07:23:53 lastmod: 2018-11-15 07:23:53 status_changed: 2018-11-15 07:23:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RONNI FURRONI, NIM. 14250065 title: RESPON KLIEN TERHADAP PELAYANAN SOSIAL (STUDI KASUS LANSIA DI UPT. RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: K divisions: jur_iks full_text_status: restricted keywords: Respon, dan Pelayanan Sosial note: Dr. H. Zainudin, M. Ag. abstract: Ronni Furroni 14250065, Respon Klien Terhdap Pelayanan Sosial (Studi Kasus Lansia di UPT. Rumah Pelayanan Sosial Lanju Usia Budhi Dharma Yogyakarta). Skripsi: Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2018. Proses penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Februari 2018 sampai dengan 26 Mei 2018 dengan tujuan untuk mengetahui Respon Lansia Terhadap Pelayanan Sosial di UPT. Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Budhi Dharma Yogyakarta, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini di latar belakangi oleh jumlah lansia di Rumah Sosial Budhi Dharma yang terus meningkat, namun tidak diimbangi dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM). Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui respon lansia terhadap pelayanan sosial yang di berikan oleh pihak Rumah Pelayanan Sosial Budhi Dharma Yogyakarta dengan jumlah SDM yang masih terbatas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah enam orang lansia (4 lansia perempuan dan 2 lansia laki-laki),serta tiga orang petugas di rumah pelayanan sosial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: respon kognitif (pengetahuan) lansia sudah memahami mengenai bentuk-bentuk pelayanan sosial yang ada di Rumah Pelayanan Budhi Dharma. Respon afektif (sikap) lansia merasa senang dan nyaman terhadap pelayanan yang diperoleh. Sedangkan respon behavioral (tindakan) lansia mengikuti dengan baik mengenai kegiatan yang ada di rumah pelayanan sosial tersebut. Respon-respon tersebut diperoleh dari lansia yang sedang mendapatkan pelayanan sosial di rumah pelayanan sosial lanjut usia Budhi Dharma. date: 2018-06-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RONNI FURRONI, NIM. 14250065 (2018) RESPON KLIEN TERHADAP PELAYANAN SOSIAL (STUDI KASUS LANSIA DI UPT. RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31564/2/14250065_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31564/1/14250065_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf