@phdthesis{digilib31585, month = {December}, title = {STUDI KOMPARASI TENTANG PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TIDAK TINGGAL DI ASRAMA DI MTs PONDOK PESANTREN NURUSSALAM SIDOGEDE BELITANG OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 00410316 EKO SUHARNO}, year = {2004}, note = {Dra. Sri Sumarni, M.Pd.}, keywords = {Pendidikan Agama Islam, prestasi belajar, pondok pesantren}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31585/}, abstract = {Skripsi ini mengkaji tentang perbandingan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang tinggal dan yang tidak tinggal di pondok, apakah ada perbedaan yang signifikan di antara mereka atau tidak, dan jika ada perbedaan yang signifikan, apa saja faktor-faktor yang menyebabkannya. Hipotesa yang dibangun oleh penulis adalah, pertama: Ha berarti ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar PAI antara siswa MTs yang tinggal/menginap di asrama dengan siswa yang tidak tinggal/menginap di asrama. Kedua: Ho, berarti tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar PAI antara siswa MTs yang tinggal/menginap di asrama dengan siswa yang tidak tinggal/menginap di asrama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan subyek penelitian adalah Pimpinan Pondok, Pengasuh Pondok, Kepala Sekolah MTs., Guru MTs., dan siswa MTs sebanyak 55 siswa dengan rincian 18 siswa tinggal/menginap di asrama dan 37 siswa tidak tinggal/menginap di asrama. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan prosedur penelitian analisis komparasional dengan menggunakan rumus tes ?t?. Setelah dilakukan analisis komparasional, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa: 1. Prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok ternyata tidak beda jauh dengan prestasi siswa yang tidak tinggal di pondok. 2. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar materi PAI baik pada pelajaran fiqih maupun aqidah akhlak antara siswa yang tinggal di pondok ternyata tidak beda jauh dengan prestasi siswa yang tidak tinggal di pondok. 3. Tidak adanya perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa factor, antara lain: materi muatan local, materi ujian semester dan kurikulum pesantren.} }