@phdthesis{digilib31601, month = {May}, title = {PROSES KOMUNIKASI DAKWAH HIJAB COSPLAYER ISLAMIC OTAKU COMMUNITY}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 13210089 Niha Nadhifah}, year = {2018}, note = {Dr. H. Akhmad Rifai, M. Phil}, keywords = {Komunikasi Dakwah, Keberhasilan Dakwah, Hijab Cosplayer}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31601/}, abstract = {Dakwah merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim yang saat ini penyiarannya dapat dilakukan dengan berbagai cara dan media. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Islamic Otaku Community sebagai komunitas untuk melakukan dakwah dengan cara sederhana melalui hobi yang berhubungan dengan Jepang, salah satunya hobi cosplay. Dakwah melalui cosplay dilakukan oleh komunitas dengan cara tetap menyeimbangkan antara kewajiban muslimah untuk berhijab serta melakukan hobi sebagai cosplayer. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori komunikasi dakwah untuk menjawab permasalahan proses komunikasi dakwah, serta menerapkan teori keberhasilan dakwah Khatib Pahlawan Kayo untuk menghitung seberapa tinggi tingkat keberhasilan dakwah yang dilakukan oleh hijab cosplayer Islamic Otaku Community. Sementara untuk analisis data, dilakukan dengan menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Setelah dilakukan analisis, didapatkan kesimpulan bahwa proses komunikasi dakwah dilakukan dengan tahapan yang dimulai dari hijab cosplayer menentukan karakter yang akan di-cosplay-kan, membuat fan art karakter tersebut, mengkonfirmasikan karakter yang akan di-cosplay-kan kepada ketua atau admin grup interest IOC Cosplaya, membuat kostum sesuai dengan fan art yang telah terkonfirmasi, dan terkahir melakukan cosplay di lokasi. Dakwah hijab cosplayer dilakukan secara non verbal melalui kostum yang dikenakannya, kemudian dilanjutkan secara verbal melalui lisan ketika terdapat mad?u yang tertarik. Sementara untuk tingkat keberhasilan dakwah hijab cosplayer Islamic Otaku Community, diperoleh hasil bahwa rata-rata tingkat keberhasilan dakwahnya adalah sedang Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Keberhasilan Dakwah, Hijab Cosplayer} }