%A NIM. 13820142 RIZKI PERDANA ARDHIANSYAH %O Joko Setyono, S.E., M.Si., %T ANALISIS PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP MINAT PEMBUKAAN REKENING TABUNGAN DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA SISWA SMA N 2 WONOSARI) %X This study aims to determine the effect of perceptions of high school students N 2 Wonosari on the interest of opening a savings account in Sharia Banking. The type of data used is primary data with data collection techniques using questionnaires. Technique of data analysis using Multiple Linear Regression analysis with F test and T test. Instrument test using validity test, reliability test and classical assumption test. The result of the research shows that: based on F test simultaneously perceptual variables from cognitive aspect (X1), perception of affective aspect (X2), perception of conative aspect (X3) shows significant influence to interest in opening of savings account in Sharia Banking. Meanwhile, based on T test known that perceptually from the cognitive aspect (X1) has no significant effect on the interest of opening savings account in syaria bank. Perception variable from affective aspect (X2) and perception of conative aspect (X3) have a significant effect on the interest of opening savings account in sharia banking. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa SMA N 2 Wonosari terhadap minat pembukaan rekening tabungan di Bank Syariah. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan uji F dan uji T. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan Uji F secara simultan variabel persepsi dari aspek kognitif (X1), persepsi dari aspek afektif (X2), persepsi dari aspek konatif (X3) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap minat pembukaan rekening tabungan di Bank Syariah. Sedangkan, berdasarkan uji T diketahui bahwa secara persepsi dari aspek kognitif (X1) tidak berpengaruh signifkan terhadap minat pembukaan rekening tabungan di bank syariah. Variabel persepsi dari aspek afektif (X2) dan persepsi dari aspek konatif (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat pembukaan rekening tabungan di bank syariah. %K perception of cognitive aspect, perception of affective aspect, perception of conative aspect, interest, and sharia banking, persepsi dari aspek kognitif, persepsi dari aspek afektif, persepsi dari aspek konatif, minat, dan bank syariah. %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib31602