@mastersthesis{digilib31617,
           month = {June},
           title = {STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK SLOW LEARNER
DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA)},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 1620420001 MASRATU},
            year = {2018},
            note = {Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.},
        keywords = {learning strategy, religious islamic education, children with special Needs, strategi pembelajaran, pendidikan agama islam, anak berkebutuhan khusus.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31617/},
        abstract = {This study aims to 1) know the learning strategy of islamic education for
children with special needs (slow learner) in Baciro Elementery School
Yogyakarta, 2) to know the implementation of learning strategy of islamic
education for children with special needs (slow learner) in Baciro Elementery
School Yogyakarta, 3) to know the supporting factors and obstacles of the
implementation of learning strategy of islamic education for children with special
needs (slow learner) in Baciro Elementery School Yogyakarta. This type of
research is field research by employing qualitative descriptive approach using
case study method by using three data collection techniques namely observation,
in-depth interview and documentation. The data analysis technique of this
research is using data collection, data reduction, data presentation and verification
conclusions. The sources of information of this research are principals, teacher of
islamic religious education, class teachers and students of class II and III. The
result of this research is learning strategy for children with special needs is direct
learning strategy. In this direct learning teachers use various learning methods
such as question and answer, discussions and exercises. The direct instruction
strategies are used because the strategies are in accordance with the needs and
abilities of children with special needs and learning methods used are various
according to factors in the implementation of learning strategis for religious
education islamic for children with special needs of the sincerity of teachers, the
spirit of learners, parental support. Facilities and infrastructure that support in
learning. Furthermore, the inhibiting factor in the implementation of islamic
education learning strategy for children with special needs is teachers who are
busy outside the class. Besides, the students are less attention and motivation,
parents who are less supportive of their children to learn. The last factor is
facilities and infrastructure is still limited and not complete.  ( INDONESIA )
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi pembelajaran
pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Slow Learner) di SD
Baciro Yogyakarta, 2) Mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan
agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Slow Learner) di SD Baciro
Yogyakarta, 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan
strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus
(Slow Learner) di SD Baciro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan penelitian pendekatan kualitatif
deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Dengan menggunakan
tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara yang mendalam dan
dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisa datanya menggunakan dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi.
Adapun sumber informasi pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru
pendidikan agama Islam, guru kelas dan siswa kelas III dan II. Hasil dari
penelitian ini yaitu strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak
berkebutuhan khusus adalah strategi pembelajaran langsung (direct instruction),
strategi ini berpusat pada guru, dalam penggunaan strategi pembelajaran langsung
(direct instruction) dengan menggunakan berbagai macam metode pembelajaran
seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan. Pelaksanaan strategi
pembelajaran langsung (direct instruction) baik karena strategi yang digunakan
sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak berkebutuhan khusus dan metode
pembelajaran yang digunakan bervariasi sesuai dengan materi pelajaran. Faktor
pendukung dalam pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam
bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dari keikhlasan guru, semangat peserta
didik, dukungan orang tua, sarana dan prasarana yang mendukung dalam
pembelajaran. Selanjutnya faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi
pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dari
guru yang memiliki kesibukan diluar kelas, peserta didik kurang perhatian dan
motivasi, orang tua yang kurang mendukung anaknya untuk belajar, sarana dan
prasarana masih terbatas dan masih belum lengkap.}
}