<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA"^^ . "This research is motivated by the importance of science learning which is\r\noriented on giving experience directly to the students. Application of such learning,\r\none of which can be applied through environmental-based science teaching.\r\nEnvironmental-based learning is very important to be implemented to develop the\r\nconcept of science, where students are invited to come into direct contact with objects\r\nrelated to the material. The purpose of this research is to analyze the implementation\r\nof science-based learning environment around MIN 1 Yogyakarta and to know the\r\ndevelopment of scientific attitude and skills of learners process in science learning\r\nenvironment-based around in MIN 1 Yogyakarta. This research is a qualitative\r\nresearch, data collection is done by using the method of observation, interview,\r\ndocumentation. Analysis of research data through data reduction, data presentation,\r\nand data ferivikasi, which then checked its validity through triangulation of data.\r\nThe results showed that 1) the implementation of science-based learning\r\nenvironment in MIN 1 Yogyakarta is done in two ways, namely in the classroom and\r\noutside the classroom. Applying science-based science lesson around using question\r\nand answer method, discussion, picture and picture and practice directly in school\r\nenvironment (experiment). 2) the development of scientific attitudes by classroom\r\nteachers to learners is done through the application of learning that gives stimulants\r\nto the emergence of components related to scientific attitude. Each learning activity is\r\nimplemented by applying the surrounding environment as a source of learning\r\noriented to the growth of components of scientific attitudes in the learners\r\nthemselves. Components of scientific attitudes that often arise in every meeting is the\r\nattitude of curiosity, while the skill that rarely arises that is the component attitude\r\nand creativity. 3) The development of the skills of the science process in the students\r\nis done by the role of classroom teachers in designing active learning activities,\r\nlearning is the learning that prioritizes the process that is directly tangent to the\r\nlearners that is doing the experiment. Components of process skills that often appear\r\nin every meeting of the skills to ask questions, While the skills that rarely arise that is\r\nthe component of the skills of measuring and skills applying the concept ( INDONESIA )\r\nTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran sains yang\r\nberorientasi pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik. Penerapan\r\npembelajaran yang demikian, salah satunya dapat diaplikasikan melalui pembelajaran\r\nIPA berbasis lingkungan. Pembelajaran berbasis lingkungan sangat penting\r\ndilaksanakan untuk mengembangkan konsep sains, karena siswa diajak untuk\r\nbersentuhan langsung dengan objek yang berkaitan dengan materi. Tujuan yang ingin\r\ndicapai dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA\r\nberbasis lingkungan sekitar di MIN 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui\r\npengembangan sikap ilmiah dan ketrampilan proses peserta didik dalam pembelajaran\r\nIPA berbasis lingkungan sekitar di MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan\r\npenelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode\r\nobservasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data,\r\npenyajian data, dan ferivikasi data, yang kemudian diperiksa keabsahannya melalui\r\ntriangulasi data.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran IPA\r\nberbasis lingkungan di MIN 1 Yogyakarta dilakukan dengan dua cara yaitu di dalam\r\nkelas dan di luar kelas. Penerapan pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar\r\nmenggunakan metode tanya jawab, diskusi, picture and picture dan praktek langsung\r\ndi lingkungan sekolah (eksperimen). 2) pengembangan sikap ilmiah oleh guru kelas\r\nterhadap peserta didik dilakukan melalui pengaplikasian pembelajaran yang\r\nmemberikan stimulan terhadap munculnya komponen-komponen terkait dengan\r\nsikap ilmiah. Setiap aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan dengan\r\nmengaplikasikan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar diorientasikan pada\r\ntumbuhnya komponen-komponen sikap ilmiah pada diri peserta didik. Komponen\r\nsikap ilmiah yang sering muncul dalam setiap pertemuan yaitu sikap ingin tahu,\r\nSedangkan ketrampilan yang jarang sekali muncul yaitu komponen sikap penemuan\r\ndan kreatifitas. 3) Pengembangan ketrampilan proses sains pada diri peserta didik\r\ndilakukan dengan adanya peran guru kelas dalam merancang kegiatan pembelajaran\r\nyang bersifat aktif, pembelajaran tersebut yaitu pembelajaran yang mengutamakan\r\nproses yang bersinggungan langsung dengan peserta didik yaitu melakukan\r\neksperimen. Komponen ketrampilan proses yang sering muncul dalam setiap\r\npertemuan yaitu ketrampilan mengajukan pertanyaan, Sedangkan ketrampilan yang\r\njarang sekali muncul yaitu komponen ketrampilan mengukur dan ketrampilan\r\nmenerapkan konsep"^^ . "2018-05-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620420003"^^ . "SITI MASTIYAH"^^ . "NIM. 1620420003 SITI MASTIYAH"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1620420003_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES\r\nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #31618 \n\nPEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES \nSISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .