<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI)"^^ . "Seeking salvation for oneself, family and relatives, as if the ultimate goal\r\nin the Javanese society's life view. Evidenced by the existence of various\r\nceremonies and rituals related to the human life cycle from the womb to death.\r\nOne of the rituals that are still done, even the implementation is done in the\r\nruwatan mass. This ritual is believed to throw away all evil to seek the salvation\r\nof life for children belonging to the sukerta group. As the implementation of mass\r\nruwatan organized by DISPARPORA Ngawi Regency. The problems in this\r\nresearch are: (1) What are the symbolic meanings of every ritual procession of\r\nruwatan mass ?, (2) What are the values of children's education in the ritual\r\nsymbol of ruwatan mass ?, (3) How is relevance the meaning of the ritual symbol\r\nof ruwatan mass with Islamic education?.\r\nThis research uses qualitative phenomenological method, research done on\r\nmass ritual phenomenon held in Ngawi regency. This study focused on the\r\nsymbols used in the ritual, to reveal the meaning and values contained therein,\r\nthrough interviews with dhalang ruwat and traditional leaders. Data processing\r\nuses technical triangulation of data from informant statements with related\r\nreferences. The theoretical basis used is the theory of ritual symbols according to\r\nVictor W. Turner, the theory of children's education according to Abdullah Nasih\r\n'Ulwan and systematic education theory according to Prof. Dr. Sutari Imam\r\nBarnadib.\r\nThe results of this study found that the ritual procession consists of: Preritual,\r\nmeaning to purify themselves with bath jamasan, doing tirakatan to clean\r\nthe body. The core ritual procession means to purify the spirit and body by\r\npraying by the dhalang in the procession of wayang ruwatan and tigas rikmo, the\r\nsymbol of the hope of the parents to the child to live safely in the afterlife.\r\nPhysical sanctification through splash and clothes. The value of children's\r\neducation in ritual symbols, namely: spiritual education, faith, physical, moral,\r\nintellectual, sex, and social. Relevant with Islamic education in general in the\r\nsymbol of Bathara Kala which will prey on human sukerta is man wasting his\r\nlifetime as well as in Surah Al-'asr, the symbol of the mantra used is relevant to\r\nthe prayer of safe in Islam, the symbol of the birth story of Bathara Kala as kama\r\nincorrectly relevant with Surah Al-baqarah verse 223. The white symbol which\r\nmeans the sanctity of the relevant child in Bukhari's hadith history that every child\r\nis born holy. ( INDONESIA ) Mencari keselamatan bagi diri sendiri, keluarga dan saudara, menjadi salah satu tujuan hidup masyarakat Jawa. Terbukti dengan adanya berbagai\r\nupacara dan ritual yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia mulai dari\r\nkandungan sampai meninggal. Salah satu ritual yang masih dilakukan, bahkan\r\npelaksanaannya dilakukan secara masal yakni ritual ruwatan. Ritual ini dipercayai\r\nmembuang segala keburukan untuk mencari keselamatan hidup bagi anak-anak\r\nyang termasuk dalam golongan sukerta. Sebagaimana pelaksanaan ruwatan masal\r\nyang diselenggarakan oleh DISPARPORA Kabupaten Ngawi. Permasalahan\r\ndalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja makna simbolik setiap prosesi ritual\r\nruwatan masal?, (2) Apa saja nilai-nilai Pendidikan anak dalam simbol ritual\r\nruwatan masal?, (3) Bagaimana relevansi makna simbol ritual ruwatan masal\r\ndengan Pendidikan Islam.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis, penelitian\r\ndilakukan terhadap fenomena ritual ruwatan masal yang diselenggarakan di\r\nKabupaten Ngawi. Penelitian ini difokuskan pada simbol-simbol yang digunakan\r\ndalam ritual, untuk mengungkap makna dan nilai-nilai yang terkandung\r\ndidalamnya, melalui wawancara dengan dhalang ruwat dan tokoh adat.\r\nPengolahan data menggunakan teknis trianggulasi data dari pernyataan informan\r\ndengan referensi terkait. Landasan teori yang digunakan ialah teori simbol ritual\r\nmenurut Victor W. Turner untuk menganalisis makna simbol dalam ritual\r\nruwatan, teori pendidikan anak menurut Abdullah Nasih ‘Ulwan dan teori\r\npendidikan sistematis menurut Prof. Dr. Sutari Imam Barnadib.\r\nHasil penelitian ini menemukan bahwa prosesi ritual ruwatan terdiri dari:\r\nPra-ritual, bermakna mensucikan diri dengan mandi jamasan, melakukan\r\ntirakatan untuk membersihkan jasmani. Prosesi inti ritual bermakna mensucikan\r\nrohani dan jasmani dengan didoakan oleh dhalang pada prosesi wayang ruwatan\r\ndan tigas rikmo, simbol harapan orang tua kepada anak supaya hidup selamat\r\ndunia akhirat. Penyucian secara jasmani lewat siraman dan larung busana. Nilai\r\npendidikan anak dalam simbol-simbol ritual yakni: pendidikan rohani, Iman,\r\njasmani, moral, akal, seks, dan sosial. Relevasi dengan pendidikan Islam pada\r\numumnya dalam simbol Bathara Kala yang akan memangsa manusia sukerta\r\nyakni manusia yang menyia-nyiakan waktu hidupnya seperti halnya dalam surah\r\nAl-‘asr, simbol mantra yang digunakan relevan dengan do’a selamat dalam Islam,\r\nsimbol cerita lahirnya Bathara Kala karena kesalahan orang tuanya relevan\r\ndengan surah Al-baqarah ayat 223. Simbol putih yang berarti kesucian anak\r\nrelevan dalam hadits riwayat Bukhari bahwa setiap anak dilahirkan suci."^^ . "2018-05-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620420006"^^ . "USWATUN HASANAH"^^ . "NIM. 1620420006 USWATUN HASANAH"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Text)"^^ . . . . . "1620420006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #31625 \n\nPENDIDIKAN ANAK DALAM MASYARAKAT JAWA (STUDI TERHADAP FENOMENA TRADISI RITUAL RUWATAN MASAL DI KABUPATEN NGAWI)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .