%A NIM. 1620420012 SITI RUQOIYYAH
%O Dr.Hj.Erni Munastiwi, MM.,
%T MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SEKOLAH RAMAH ANAK
DI KELAS V SDN 1 AMPENAN KOTA MATARAM
%X Pelaksanaan Pembelajaran IPA berbasis sekolah ramah anak menekankan
pada aktivitas peserta didik, untuk melakukan berbagai kegiatan yang nyata seperti
mengamati dan melihat langsung , mencoba dengan melakukan sendiri (learning by
doing) tanpa adanya berbagai intimidasi atau tekanan dari pihak lain. Peserta didik
dibebaskan untuk berekspresi dan mengemukakan pendapatnya tanpa ada rasa takut.
Sehingga peserta didik dapat membentuk pengetahuannya. Seperti halnya
pembelajaran yang telah dilaksanakan di SDN 1 Ampenan Kota Mataram.
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan gambaran umum sekolah
ramah anak di SDN 1 Ampenan Kota Mataram, 2) model pembelajaran IPA
berbasis sekolah ramah anak di kelas V SDN 1 Ampenan Kota Mataram 3)
dampak model pembelajaran IPA berbasis sekolaha ramah anak di kelas V SDN 1
Ampenan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber informan pada penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa kelas V SDN 1
Ampenan Kota Mataram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ramah anak di SDN 1
Ampenan Kota Mataram sudah memenuhi enam prinsip sekolah ramah anak yaitu
nondiskriminiasi, kepentingan terbaik bagi anak, kelangsungan dan perkembanga
hidup anak, penghormatan terhadap pandangan anak, serta pengelolaan sekolah
yang baik. Di samping itu sekolah ramah anak di SDN 1 Ampenan Kota Mataram
telah memenuhi enam komponen sekolah ramah anak yaitu adanya komitmen
tertulis yang memuat kebijakan sekolah ramah anak, pelaksanaan pembelajaran
yang ramah, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, sarana dan
prasarana yang ramah anak, partisipasi anak, dan partisapasi orang tua. Sedangkan
dalam pembelajaran IPA berbasis sekolah ramah anak mengacu pada prinsip 3P
(provisi, proteksi, partisapasi) yang diimplementasikan melalui pembelajaran
PAIKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan),
pembelajaran tematik, dan CTL (Contextual teaching and learning). Pembelajaran
IPA berbasis sekolah ramah anak tersebut memiliki dampak bagi peserta didik.
Adapun dampaknya peserta didik dapat lebih berperan aktif dalam proses
pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan, sikap
dan keterampilannya khususnya dalam bidang IPA. Disamping itu hak-hak
peserta didik dapat terpenuhi terpenuhinya melalui prinsip 3P.
%K sekolah ramah anak,model pembelajaran ipa, prinsip 3p
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib31635