%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Titis Kirana Mega Putri, NIM 14210106
%B Fakultas Dakwah dan Komunikasi
%D 2018
%F digilib:31651
%I UIN Sunan Kalijaga
%K Strategi, Radio MQ FM Yogyakarta, Ekologi Media, Radio Lokal.
%P 163
%T STRATEGI PERENCANAAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM PERSAINGAN INDUSTRI PENYIARAN
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31651/
%X Titis Kirana Mega Putri, 14210106, 2018. “Strategi Perencanaan Radio  MQ FM Yogyakarta dalam Persaingan Industri Penyiaran”. Skripsi, Jurusan  Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,  Yogyakarta.  Radio MQ FM Yogyakarta adalah salah satu radio lokal di Yogyakarta.  Dengan mengusung semboyan “Inspirasi Keluarga Indonesia”, Radio MQ FM  Yogyakarta konsisten untuk menghadirkan program-program siaran dengan  sentuhan Islam. Kehadiran Radio MQ FM Yogyakarta sebagai satu-satunya Radio  dakwah yang memiliki izin siar di tengah radio-radio lain di Yogyakarta  mendapatkan tantangan yang tidak ringan untuk tetap eksis. Tidak hanya mediamedia  lokal di Yogyakarta yang menjadi kompetitor bagi Radio MQ FM  Yogyakarta namun media-media nasional juga ikut menjadi kompetitor beratnya  sehingga Radio MQ FM Yogyakarta harus merancang strategi dan meningkatkan  profesionalisme kerja untuk menarik perhatian pendengar sebanyak-banyaknya.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan  pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan adalah Teori Ekologi Media oleh  Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan  kelangsungan hidupnya, media memerlukan sumber penunjang hidup yaitu: types  of content (jenis isi media), types of audien (jenis khalayak sasaran) dan capital  (modal). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada  empat narasumber kunci yaitu direktur, manager program, tim kreatif iklan dan  pendengar Radio MQ FM Yogyakarta. Selain itu juga dilakukan teknik observasi  dan dokumentasi terhadap dokumen-dokumen yang sesuai dengan tujuan  penelitian.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk mempertahankan  eksistensinya, Radio MQ FM Yogyakarta melakukan strategi yang terbagi  menjadi tiga kategori, yaitu strategi program yang terdiri dari perencanaan  program, produksi program, eksekusi program dan evaluasi program. Strategi  merebut pasar audien dengan cara melakukan segmentasi, targetting dan  positioning. Yang terakhir yaitu strategi meningkatkan modal yang dilakukan  dengan cara meningkatkan modal awal, pemasaran program, meningkatkan  kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan investasi untuk sarana dan  prasarana.  Kata Kunci: Strategi, Radio MQ FM Yogyakarta, Ekologi Media, Radio Lokal.
%Z Dra. Hj. Evi Septiani TH. M.Si.