TY - THES N1 - Dra. Hj. Evi Septiani TH. M.Si. ID - digilib31651 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31651/ A1 - Titis Kirana Mega Putri, NIM 14210106 Y1 - 2018/05/25/ N2 - Titis Kirana Mega Putri, 14210106, 2018. ?Strategi Perencanaan Radio MQ FM Yogyakarta dalam Persaingan Industri Penyiaran?. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Radio MQ FM Yogyakarta adalah salah satu radio lokal di Yogyakarta. Dengan mengusung semboyan ?Inspirasi Keluarga Indonesia?, Radio MQ FM Yogyakarta konsisten untuk menghadirkan program-program siaran dengan sentuhan Islam. Kehadiran Radio MQ FM Yogyakarta sebagai satu-satunya Radio dakwah yang memiliki izin siar di tengah radio-radio lain di Yogyakarta mendapatkan tantangan yang tidak ringan untuk tetap eksis. Tidak hanya mediamedia lokal di Yogyakarta yang menjadi kompetitor bagi Radio MQ FM Yogyakarta namun media-media nasional juga ikut menjadi kompetitor beratnya sehingga Radio MQ FM Yogyakarta harus merancang strategi dan meningkatkan profesionalisme kerja untuk menarik perhatian pendengar sebanyak-banyaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan adalah Teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, media memerlukan sumber penunjang hidup yaitu: types of content (jenis isi media), types of audien (jenis khalayak sasaran) dan capital (modal). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada empat narasumber kunci yaitu direktur, manager program, tim kreatif iklan dan pendengar Radio MQ FM Yogyakarta. Selain itu juga dilakukan teknik observasi dan dokumentasi terhadap dokumen-dokumen yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya, Radio MQ FM Yogyakarta melakukan strategi yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu strategi program yang terdiri dari perencanaan program, produksi program, eksekusi program dan evaluasi program. Strategi merebut pasar audien dengan cara melakukan segmentasi, targetting dan positioning. Yang terakhir yaitu strategi meningkatkan modal yang dilakukan dengan cara meningkatkan modal awal, pemasaran program, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan investasi untuk sarana dan prasarana. Kata Kunci: Strategi, Radio MQ FM Yogyakarta, Ekologi Media, Radio Lokal. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Strategi KW - Radio MQ FM Yogyakarta KW - Ekologi Media KW - Radio Lokal. M1 - skripsi TI - STRATEGI PERENCANAAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM PERSAINGAN INDUSTRI PENYIARAN AV - restricted EP - 163 ER -