%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD HASAN SYAIFUR RIZAL, NIM. 14240025 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2018 %F digilib:31791 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Manajemen Pelayanan, Pasca Haji, KBIH %P 165 %T MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM PASCA HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) RINDU KA’BAH KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31791/ %X Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan fokus pada pelaya program pasca haji. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ratminto tent manajemen pelayanan dan teori Kasmir tentang ciri-ciri Pelayanan yang Baik. Sedang teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi tek pengumpulan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses manajemen pelayanan progr pasca haji sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya kegia menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengkoordinasikan kegiatan penyelesaian kegiatan pelayanan (evaluasi kegiatan) serta terjadi pelayanan yang b terhadap para jamaah pasca haji sehingga para jamaah merasa lebih baik lagi dan ses dengan yang diharapkan. %Z Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.