eprintid: 31795 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/17/95 datestamp: 2018-12-04 01:49:39 lastmod: 2018-12-04 01:49:39 status_changed: 2018-12-04 01:49:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TITI SARI, NIM. 13480128 title: UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Budaya Literasi, Literasi Membaca, Perpustakaan note: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd. abstract: Titi Sari, "Upaya Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik melalui Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Budaya literasi merupakan hal yang harus ditanamkan sejak dini. Perpustakaan sebagai jantung pendidikan di sekolah harus mampu menumbuhkan budaya literasi dan menjadi sumber informasi bagi warga sekolah, terutama peserta didik dan guru. Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur menjadi juara I dalam lomba perpustakaan se-Kabupaten Sleman. Hal tersebut mendasari peneliti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai upaya SD Muhammadiyah Condongcatur dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data ini menggunakan triangulasi dan ketercukupan referensi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) budaya literasi di SD Muhammadiyah Condongcatur ditumbuhkan dengan menciptakan lingkungan fisik ramah literasi, lingkungan sosial dan afektif sebagai model komunikasi dan interaksi yang literat, serta lingkungan akademik yang literat dengan programprogram literasi yang memaksimalkan fungsi perpustakaan, seperti pojok baca, gazebo literasi, reading day, show and tell, wajib kunjung perpustakaan, pemberian reward, dan sebagainya. (2) faktor pendukung penumbuhan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan di SD Muhammadiyah Condongcatur ialah adanya fasilitas yang memadai, cukupnya staf, antusisame warga sekolah dalam menjalankan program literasi, dan dukungan dari kepala sekolah, guru, dan orangtua sedangkan, faktor penghambatnya ialah kurangnya waktu untuk membaca di pagi hari dan pojok-pojok baca di kelas, tidak adanya Tim Literasi Sekolah (TLS), tidak adanya target khusus dalam membaca, serta kurangnya tanggung jawab peserta didik terhadap buku yang sudah dibaca. date: 2018-06-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: TITI SARI, NIM. 13480128 (2018) UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31795/2/13480128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31795/1/13480128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf