%A NIM. 14480010 MROFI FAUZI %O Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd. %T PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK MI AL-IMAN KELAS III %X M.Rofi Fauzi, "Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik MI Al-Iman Kelas III". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Ayat Al-Qur’an dalam surah Al-Mulk ayat 3, dan Luqman ayat 10 menerangkan betapa Allah Maha besar dan perintah Allah untuk mengamati ciptaannya-Nya yang ada di sekitar kita. Adapun cara yang dapat digunakan yaitu melalui bidang pendidikan, dimana tujuannya adalah agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang domokratis dan bertanggungjawab. Pendidikan di Indonesia di dalamnya terdapat unsur yang disebut pendekatan. Salah jenis pendekatan yang ada didalamnya yaitu Contextual Teaching and Learning, yang membantu guru untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna sesuai situasi dunia nyata peserta didik. MI Al-Iman berada di daerah sawah dan ladang, sehingga memiliki potensi yang besar untuk mendukung pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk langsung berinteraksi dengan alam itu sendiri. Hal tersebut juga didukung dengan karakter anak kelas III disana yang cenderung aktif dan mengalami masa perpindahan cara belajar, sehingga diharapkan jenis pendekatan di atas dapat menjadi lantaran pembelajaran yang tepat di sana. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian di sana dengan tujuan mengungkapkan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik MI Al-Iman Kelas III. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III tahun ajaran 2017/2018 MI Al-Iman desa Tambakrejo. Sedangkan objek penelitian ini yaitu implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapat yaitu: Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Al-Iman khususnya kelas III berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yaitu guru mengajak peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri (konstruktivistik), menemukan sejumlah pengetahuan (inquiry), bertanya (qusetioning), interaksi peserta didik dengan peserta didik lainnya, guru, dan lingkungan (learning community), dan refleksi (reflection). Adapun pemodelan (modeling) belum terlaksana dengan maksimal, dan penilaian yang sebenarnya (authentic assessment) juga belum terlaksana maksimal, hanya sebatas penilaian pengetahuan melalui soal-soal. %K Komponen CTL, dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib31796