@phdthesis{digilib31810, month = {June}, title = {PERAN GURU DALAM MENGELOLA LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI MI MA?ARIF BEGO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14480022 FITRIA KHOIRIN NIDA}, year = {2018}, note = {Dr. H. Sedya Santosa, S.S, M.Pd.}, keywords = {Peran, Guru, Pengelolaan Lingkungan, Adiwiyata}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31810/}, abstract = {Fitria Khoirin Nida, "Peran Guru Dalam Mengelola Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MI Ma?arif Bego". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Perilaku erat kaitannya dengan moralitas. Moral yang baik dapat membentuk perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekologis yang membuat manusia tahu bagaimana cara memperlakukan lingkungan dengan baik. Pengelolaan lingkungan hidup intinya atau makna sebenarnya adalah pengelolaan perilaku makhluk hidup terutama (termasuk) sikap, kelakuan dan berbagai sepak terjang manusia. Berkaitan dengan moral dan perilaku peserta didik di madrasah, guru sangat berperan akan hal tersebut. Guru sebagai ujung tombak dalam proses belajar mengajar berinteraksi langsung dengan siswa di dalam kelas. Guru yang memegang peranan sangat penting dalam membuat siswa mengerti dan paham mengenai mata pelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu, madrasah sebagai institusi pendidikan membutuhkan guru yang tidak hanya berfungsi sebagai pengajar yang mengajarkan mata pelajaran tertentu kepada peserta didiknya, tetapi juga sebagai pendidik yang memberikan bekal pengetahuan kepada peserta didiknya mengenai etika, kemampuan untuk survive dalam hidup, moral, empati, kreasi, dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Koordinator Adiwiyata, dan Koordinator Komponen Adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Peran guru dalam mengelola lingkungan di MI Ma?arif Bego meliputi peran guru sebagai pembelajar, peran guru sebagai model, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai kreator dan peran guru sebagai inovator, (2) Faktor yang pendukung peran guru dalam mengelola lingkungan antara lain adalah ketersediaan sarana prasarana, sumber daya alam, integrasi pendidikan lingkungan dalam setiap mata pelajaran, dan program Adiwiyata. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sikap individu dalam mengelola lingkungan madrasah dan keterbatasan waktu.} }