@phdthesis{digilib31811, month = {June}, title = {KONTRIBUSI AQIDAH AKHLAK DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V MI AL MUHSIN 1 KRAPYAK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14480027 ULFAH DWI ASTUTI}, year = {2018}, note = {Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd}, keywords = {Aqidah Akhlak, Pendidikan Kewarganegaraan, Penguatan Pendidikan Karakter}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31811/}, abstract = {Ulfah Dwi Astuti, "Kontribusi Aqidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas V MI Al Muhsin 1 Krapyak". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Untuk menanamkan karakter religius dan nasionalis, MI Al Muhsin 1 Krapyak menerapkannya melalui pembelajaran Aqidah Akhlak dan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di MI Al Muhsin 1 Krapyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Aqidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik kelas V MI Al Muhsin 1 Krapyak. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah peserta didik sebanyak 28. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi dan menggunakan metode ex post facto. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metodeangket untuk data penguatan pendidikan karakter, metode dokumentasi untuk mengambil data nilai UTS/PTS Aqidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan serta metode wawancara dan observasi untuk memperkuat data di lapangan.Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, persamaan analisis dua prediktor dan uji sumbangan efektif dan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan y = 123,222 + 0,184X1 + 0,079X2. Sumbangan Efektif (SE) yang diberikan prediktor Aqidah Akhlak (X1) = 4,3\% dan prediktor Pendidikan Kewarganegaraan (X2) = 1,6\%, sedangkan Sumbangan Relatif (SR) yang diberikan prediktor X1 = 73\% dan prediktor X2 = 23\%. Dapat disimpulkan bahwa Aqidah Akhlak memberikan kontribusi besar dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik kelas V MI Al Muhsin 1 Krapyak.} }