eprintid: 31814 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/18/14 datestamp: 2018-12-04 04:10:18 lastmod: 2018-12-04 04:10:18 status_changed: 2018-12-04 04:10:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DINA AYU FADZILA, NIM. 14480036 title: PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III B MI MA’ARIF GIRILOYO 2 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Metode Token Economy, Motivasi Belajar Matematika note: Sigit Prasetyo, M.Pd. Si abstract: Dina Ayu Fadzila (14480036). Pengaruh Metode Token Economy terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Variabel yang diukur yaitu token economy bentuk observasi behavior checklist dan motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2, penelitian ini termasuk penelitian populasi karena hanya terdapat satu kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 yang ditunjukkan dengan nilai P sebesar 0,036 dan 0,001 atau P 0,05. Dan 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 sebesar 0,484 atau 48,4% ditunjukkan dalam kolom R square (R2). Sedangkan sisanya sebesar 51,6 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. date: 2018-06-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DINA AYU FADZILA, NIM. 14480036 (2018) PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III B MI MA’ARIF GIRILOYO 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31814/2/14480036_BAB%20I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31814/1/14480036_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf