TY - THES N1 - MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc ID - digilib31822 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31822/ A1 - ACHMAD DWI PUTRA HIDAYATULLAH, NIM. 14810091 Y1 - 2018/05/24/ N2 - Setiap negara memiliki tujuan untuk meningkatkan devisa negara dan meningkatkan daya saing komoditas unggulannya di pasar Internasional. Tujuan tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui perdagangan internasional, seperti melakukan ekspor kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh volume ekspor kopi yang diwakili oleh variabel produksi, konsumsi kopi domestik, konsumsi kopi negara tujuan utama, dan kurs. Selain itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keunggulan komperatif komoditas kopi Indonesia di pasar internasional. Data yang digunakan dalam penelitaan ini merupakan data panel terhadap 5 negara tujuan utama ekspor kopi, yakni Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Italia dan Malaysia pada tahun 2005 hingga 2015. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dan analisis Revealed Comparative Advantage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produksi kopi dan tingkat konsumsi kopi negara tujuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume ekspor kopi. Sedangkan tingkat konsumsi kopi domestik dan kurs tidak berpengaruh signifikan terhadap volume kopi yang diekspor ke lima negara tujuan. Kemudian berdasarkan analisis Revealed Comparative Advantage komoditas kopi Indonesia memiliki daya saing di pasar Internasional dengan nilai rata-rata RCA 5,49. Kata Kunci: Ekspor, Produksi, Konsumsi, Kurs dan Keunggulan Komperatif PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Ekspor KW - Produksi KW - Konsumsi KW - Kurs dan Keunggulan Komperatif M1 - skripsi TI - DETERMINAN EKSPOR KOPI INDONESIA KE LIMA NEGARA TUJUAN UTAMA DAN KEUNGGULAN KOMPARATIF KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL TAHUN 2005-2015 AV - restricted EP - 145 ER -