eprintid: 31835 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/18/35 datestamp: 2018-12-05 04:11:57 lastmod: 2018-12-05 04:11:57 status_changed: 2018-12-05 04:11:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JANATIN, NIM. 14240075 title: PENERAPAN MANAJEMEN FUNDRAISING PADA LEMBAGA GLOBAL ZAKAT-AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: manajemen fundraising, program zakat note: Achmad Muhammad, M. Ag abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah umumnya fundraising atau pengumpulan dana menjadi kebutuhan dasar setiap organisasi nirlaba, baik yang bergerak di bidang spiritual maupun kemanusiaan. Tujuan dari fundraising bagi lemabag zakat adalah untuk menghidupkan program- program zakat, menjaring muzaki, dan meningktakan citra baik lembaga sehingga tingkat kepecayaan muzaki meningkat pula. Dengan begitu lembaga zakat dapat membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi mustahiq. Global Zakat Yogyakarta merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang berfokus pada pengelolaan zakat dari masyarakat. Dengan melihat isu-isu kemanusiaan dan juga tingkat kepercayaan masyarakat yang kurang terhadap lembaga zakat membuat Lembaga Globa Zakat perlu memperhatika penerapan manajemen fundraising. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan data primer dan data skunder yang diambil melalui dua teknik yaitu studi lapangan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dan studi kepustakaan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menginterpretasikan ke dalam kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan: (1) manajemen fundraising Lembaga Global Zakat-ACT Yogyakarta telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik dan juga dalam memilih program sebagai kegiatan fundraising berdasarkan kebutuhan masyarakat. (2) pemilihan media dalam campaign program Lembaga Global Zakat menggunakan media internet untuk website dan sosial media, media cetak malalui majalah, brosur, x-banner, spanduk. Sedangkan media yang lainnya yaitu konser charity dan pengajian majelis ta’lim. date: 2018-06-25 date_type: published pages: 119 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: JANATIN, NIM. 14240075 (2018) PENERAPAN MANAJEMEN FUNDRAISING PADA LEMBAGA GLOBAL ZAKAT-AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31835/1/14240075_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31835/2/14240075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf