TY - THES N1 - Dr. Nur Hidayat, M.Ag. ID - digilib31863 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31863/ A1 - ANNAFSI MUSLIMAH, NIM. 14480065 Y1 - 2018/06/23/ N2 - Annafsi Muslimah, "Penerapan Strategi Reading Guide Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Ma?arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2018. Pada proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas II B MI Ma?arif Giriloyo 1 ditemukan kendala dalam meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran Akidah Akhlak kurang adanya variasi strategi pembelajaran, hanya menerapkan metode ceramah sehingga hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Hasilnya 75% peserta didik belum mencapai KKM yang ditentukan Madrasah, yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan strategi reading guide dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas II B MI Ma?arif Giriloyo 1, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas II B MI Ma?arif Giriloyo 1 dengan menggunakan strategi reading guide, (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan strategi reading guide. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: hasil belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas guru dan peserta didik pada proses pembelajaran yang diambil dari observasi dan wawancara dengan guru dan peserta didik, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: (1) Adanya peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik, yaitu meningkatnya hasil belajar peserta didik di atas KKM 75 yang mencapai 80% dari jumlah peserta didik kelas II B MI Ma?arif Giriloyo 1, (2) Adanya peningkatan nilai rata-rata kelas II B MI Ma?arif Giriloyo 1. Hasil penelitian antara lain: (1) Penerapan strategi reading guide dilaksanakan melalui enam tahapan, yaitu membaca materi, menjawab soal panduan, membacakan hasil, diskusi, dan menarik kesimpulan, (2) Pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan ix hasil belajar peserta didik sebesar 60% dengan rata-rata kelas sebesar 78,19 dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 90% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,88, (3) Faktor pendukung dalam penerapan strategi reading guide adalah minat baca peserta didik, antusias peserta didik dalam belajar, motivasi belajar, dan keterampilan guru menerapkan strategi. Faktor penghambat dalam penerapan strategi reading guide adalah kemampuan membaca rendah, keterampilan memahami bacaan rendah, kondisi kelas yang kurang nyaman, dan penguasaan kelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Akidah Akhlak MI KW - strategi reading guide KW - hasil belajar M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II B MADRASAH IBTIDAIYAH MA?ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL AV - restricted ER -