@phdthesis{digilib31865, month = {June}, title = {PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN TA{\d H}FI{\d Z} AL- QUR?AN SISWA KELAS IV SD ISLAM UMMINA BLORA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14480073 AINI SHOFIYANA DEWI}, year = {2018}, note = {Dr. Nur Hidayat, M.Ag}, keywords = {ta{\d h}fi{\d z} Al-Qur?an, pedidikan karakter, didiplin, tanggung jawab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31865/}, abstract = {Aini Shofiyana Dewi, "Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Kegiatan Ta{\d h}fi{\d z} Al-Qur?an Kelas IV SD Islam Ummina Blora. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah Karakter disiplin biasanya disertai dengan tanggung jawab, ketika seseorang memiliki karakter disiplin maka karakter tanggung jawab akan mengikuti. Maka dari itu ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an sangat erat kaitannya dengan disiplin dan tanggung jawab karena orang yang menghafal al-Qur?an berarti mempunyai kewajiban untuk menjaga hafalannya sehingga dia harus bertanggung jawab supaya hafalannya tidak hilang. Sebagai bentuk tanggung jawabnya seorang penghafal al-Qur?an harus disiplin dalam melakukan mur{\~a}ja?ah (mengulang hafalan).Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an di kelas IV SD Islam Ummina Blora, 2) Untuk mengetahui adanya pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an di SD Islam Ummina Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang ditinjau dari segi pemaparan data atau informasi. Pengambilan data melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Proses pelaksanaan kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an dilakukan 2 kali dalam sehari, yaitu pagi hari setelah sholat {\d d}u{\d h}a yang dilaksanakan secara klasikal dan siang hari khusus kelas empat ada pada jam kelima sebelum istirahat kedua. 2) Terdapat pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an. Nilai disiplin yang ditemukan meliputi: peserta didik dengan sendirinya mengambil wu{\d d}u ketika sudah memasuki jam kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an, peserta didik mengantri ketika akan menyetorkan hafalannya, peserta didik mampu menambah hafalan satu ayat dalam satu hari secara konstan, dan peserta didik mengembalikan mushaf yang telah digunakan ke tempat semula. Sedangkan bentuk tanggung jawab peserta didik yaitu: Dengan peserta didik melakukan deresan maka peserta didik tersebut telah melakukan kewajibannya sebagai penghafal al-Qur?an yaitu menjaga hafalannya agar tetap lancar dan terjaga. 3) Faktor pendukung kegiatan ta{\d h}fi{\d z} al-Qur?an di SD Islam Ummina Blora meliputi lingkungan yang nyaman, dukungan orang tua, kreatifitas tenaga pengajar, dan kemampuan peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi lingkungan kurang kondusif, kurangnya dukungan orang tua, kurangnya tenaga pengajar, kemampuan peserta didik, dan kurangnya minat untuk melakukan mur{\~a}ja?ah.} }