%0 Thesis %9 Skripsi %A ERVINA LAELLY ADITRIYA, NIM. 14480089 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:31868 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Upaya dalam meningkatkan pemahaman materi, faktor pendukung dan foktor penghambat peserta didik meningkatkan pemahaman. %T UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK KELAS I DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31868/ %X Ervina Laelly Aditriya, "Upaya Guru Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Peserta Didik Kelas I Dalam Kurikulum 2013 Di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul". Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Di SDIT Salsabila 3 Banguntapan di kelas I pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, saat ini pemakaian kurikulum 2013 tahun kedua. Di kelas I untuk mengondisikan memulai pembelajaran membutuhkan waktu lama dan tingkat konsentrasi atau pemahaman peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut di kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan memilih guru yang masih produktif dan adanya guru pendamping. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya guru dalam meningkatan pemahaman materi peserta didik kelas I di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari peserta didik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik Kelas I di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian study kasus dengan mengambil lokasi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selama proses pembelajaran wawancara dengan guru kelas I dan guru pendamping kelas I, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran. Adapun penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triagulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik dalam kurikulum 2013 di kelas I dengan memahami karakter peserta didik, menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, mampu mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, berkomunikasi secara efektif, empirik, dan santun dengan peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan penilaian dan evaluasi, dan melakukan tindakan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (2) Faktor pendukung dan Faktor penghambat dari peserta didik untuk meningkatkan pemahaman materi adalah faktor internal meliputi kondisi fisik peserta didik, tingkat kecerdasan, motivasi untuk belajar, ix minat belajar. Faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah untuk belajar lingkungan keluarga yang mendukung belajar, lingkungan masyarakat tempat tinggal peserta didik, sarana belajar, faktor materi pembelajaran. %Z Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.