relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31885/ title: KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF AL QURAN/ HADIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI creator: HOFUR, NIM. 14410076 subject: Pendidikan Agama Islam description: HOFUR. Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Qur’an/ Hadis dan Implikasinya terhadap Pembelajaran PAI. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya al Quran/ Hadis sebagai sumber ajaran Islam dijadikan sebagai pedoman dalam memandang kemampuan setiap peserta didik yang pada fitrahnya dianugerahi kecerdasan ganda (multiple intelligences) sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Dalam kenyataannya guru belum secara maksimal menggunakan al Quran/ Hadis sebagai pedoman mengajar dalam memandang setiap kecerdasan peserta didik yang berbeda-beda. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana perpektif al Quran/ Hadis tentang multiple intelligences dan bagaimana implikasinya teradap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perpsektif al Quran/ Hadis tentang multiple intelligences dan implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Melalui kunjungan perpustakaan data yang diambil berasal dari buku, seperti: Tafsir Al-Misbah, Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Thabrani, Tafsir Ibnu Katsir, Kitab Hadis Al-Mustadrak dan sumber lainnya yang memiliki keterkaitan dengan tema penelitian. Sumber data penelitian ini dibagi ke dalam sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu content analysis, analisis dokumen ditunjukan untuk menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen resmi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) konsep multiple intelligences perspektif al Quran/ Hadis dapat dijumpai masing-masing, kecerdasan linguistik dalam Q.S. Al-Baqarah: 31-33; kecerdasan logis matematis dalam Q.S. Al-Ankabut: 43; kecerdasan visual-spasial dalam Q.S. Hud: 37-38; kecerdasan kinestetik dalam Q.S. Al-Maidah: 31; kecerdasan kecerdasan irama-musik dalam hadis riwayat Hakim No. 2125 kitab al-Mustadrak; kecerdasan interpersonal dalam Q.S. Al-Hujarat: 13; kecerdasan intrapersonal dalam Q.S. Ad-Dzariyat: 21; kecerdasan naturalis dalam Q.S. Ali Imran: 190-191; kecerdasan eksistensial dalam Q.S. Ad-Dzariyat: 56. (2) Implikasi multiple intelligences terhadap pembelajaran PAI, Multiple Intelligences sangat diperlukan dalam model pembelajaran dewasa ini. Guru sangat dimudahkan apabila mampu melihat kecerdasan yang dimiliki setiap siswa. Materi disampaikan dengan strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi setiap kecerdasan yang dilmiliki siswa. Melalui strategi tersebut siswa memiliki motivasi tinggi dikarenakan proses pembelajaran lebih variatif. Poin penting disini adanya pengakuan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kemampuan yang dimiliki siswa tanpa pengecualian. date: 2018-06-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31885/2/14410076_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31885/1/14410076_BAB%20II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: HOFUR, NIM. 14410076 (2018) KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF AL QURAN/ HADIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.